Apakah Benar Nasi yang Dipanaskan Selama 12 Jam Bisa Menjadi Racun?

in ,
Nasi Hangat
Credit Image: Okezone Lifestyle

Bagi masyarakat Indonesia, nasi merupakan makanan pokok sumber karbohidrat. Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia makan nasi setiap hari. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini kita dengan mudah jika ingin memasak atau memanaskan nasi, yaitu dengan rice cooker.

Namun, pernahkah kalian mendengar informasi jika memanaskan nasi lebih dari 12 jam, bisa menjadi racun?

Untuk mengetahui jawabannya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Kabar Nasi yang Dipanaskan Lebih dari 12 Jam Bisa Menjadi Racun

Isu mengenai nasi yang dipanaskan lebih dari 12 jam menggunakan rice cooker akan menjadi racun, sebenarnya muncul pada tahun 2016. Informasi tersebut menjadi viral.

Padahal pembahasan mengenai kebenaran informasi di dalamnya, sudah pernah dilakukan. Namun, informasi tersebut tetap saja beredar. Kurang lebih, berikut informasi tersebut:

RACUN DARI NASI

Keluarkan nasi dari rice cooker kalau sdh matang. Kalau lebih dari 12 jam menjadi pemicu diabetes.

Kebiasaan yang Jadi Pemicu Anak Menderita Kanker dan Diabetes

Hari ini saya cukup Shock. Bagaimana tidak, karena ternyata kebiasaan yang selama ini saya anggap sepele, merupakan perbuatan berbahaya untuk anak anak saya. Istilahnya, saya sayang anak tapi saya pula yang setiap hari memberi anak racun. Dengan info ini, saya sangat berterima kasih pada sekolah Zara (anak saya yang masih TK) karena telah mendatangkan seorang konsultan kesehatan, Pak Anto dari Lembaga Konsultan Kanker Indonesia.

Ia sempat menjelaskan bedanya Myom, Tumor, Kista dan Kanker. Tapi saya di artikel ini hanya ingin menceritakan ulang penjelasan Pak Anto yang membuat saya shock.

BAHAYA NASI DARI MAGIC COM

Ini adalah fakta pertama yang membuat saya shock. Tapi syukurlah kalimat tersebut hanya kalimat pembuka Pak Anto saja. Karena nyatanya nasi dari magic com boleh dimakan. Namun dengan syarat, tidak boleh lebih dari 12 jam di dalam magic com dengan kondisi terus terusan dihangatkan.

“Karena nasi yang terus dihangatkan dalam magic com, saat lebih dari 12 jam ia akan berubah menjadi racun”, kata Pak Anto memperingatkan. Sehingga ketika memasak nasi dan sudah matang, ia menyarankan untuk mengeluarkan nasi tersebut dari magic com dan dipindahkan saja di tempat nasi.

Ia melanjutkan, “Nasi yang baik adalah nasi yang dimakan saat sudah dingin, bukan nasi hangat. Karena nasi dingin memiliki kadar gula yang lebih rendah.”. Inilah mengapa sekarang banyak anak menderita diabetes. Karena mereka terbiasa makan nasi hangat dari magic com. Beda dengan orang zaman dahulu yang dimasak di langseng kemudian jika sudah matang akan diletakkan di tempat nasi. Dengan demikian nasi tidak terus menerus dihangatkan.

Saya dan keluarga sering makan di luar. Jadi kadang masak nasi tapi ngga ada yang makan, so magic com jalan teruuus. Besoknya kadang nasi baru terjamah. Hm … yang jelas saya sering sekali meletakkan nasi di magic com lebih dari 12 jam. Sekarang sejak penataran, seusai nasi matang, magic com langsung saya matikan dan nasi saya dinginkan.

Amankah Mengonsumsi Nasi yang Dipanaskan Lebih dari 12 Jam?

Masak Nasi
Hidangan Nasi | Harapan Rakyat

Bapak Jansen Ongko, seorang ahli gizi mengatakan, selama nasi tidak terkontaminasi dan disimpan dengan baik, maka nasi tersebut aman untuk dikonsumsi.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Rekomendasi Produk Ekonomis Untuk Mengatasi Kulit Wajah Kering

Tidak ada efek signifikan mengenai jangka waktu pemanasan nasi di dalam rice cooker terhadap kesehatan.

Mengenai kadar gula dalam nasi, Prof. Edith Feskens seorang peneliti dari Wageningen University mengatakan, memang benar, nasi yang yang lengket dan dimasak lama, memiliki indeks glikemik lebih tinggi dibandingkan nasi yang kering.

Namun, IG hanya berbahaya bagi penderita diabetes. Sensitivitas insulin setiap orang berbeda-beda, tergantung dari kondisi kesehatan, terutama organ pankreasnya. Jadi, antara olahragawan, orang sehat, dan pasien diabetes tidak bisa disamakan sensitivitas insulinnya.

Jadi, menurut Jansen, nasi yang dihangatkan, aman dikonsumsi oleh orang sehat, bukan pasien diabetes.

Hal senada juga disampaikan oleh dr. Verawati S, SpGK dari RS Kemang Medical Care. Menurut beliau, tidak ada larangan terhadap konsumsi nasi yang dipanaskan selama lebih dari dua belas jam.

“Nasi hangat memang IG-nya naik, tapi sedikit, tidak banyak. Nasi ditaruh di dalam kulkas pun kalau dihangatkan akan naik lagi IG nya,” ujar dr. Vera seperti yang kami kutip dari National Geographic Indonesia.

ARTIKEL TERKAIT •
Apa Itu Program Jaminan Kesehatan Nasional? Berikut Penjelasannya!

Di sisi lain, memang belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa nasi yang dipanaskan lebih dari 12 jam, akan menjadi racun. Meskipun demikian, para pakar gizi menyarankan kepada kita untuk mengonsumsi nasi sesuai kebetuhan saja.

Berikan Nilai Untuk Konten ini