Gejala dan Penyebab Kanker Ginjal

in ,
Ginjal
Credit Picture: blog.ub.ac.id

Sebagai salah satu jenis kanker yang paling banyak dialami masyarakat di dunia, kanker ginjal menempati urutan ke-9 sebagai kanker yang paling banyak terjadi pada laki-laki, dan menempati urutan ke-14 pada perempuan.

Baru-baru ini penyanyi muda Vidi Aldiano, dikabarkan mengidap kanker ginjal. Ia mengetahuinya setelah ia melakukan pemeriksaan medis. Vidi akan menjalani operasi pengangkatan ginjal, karena kanker yang ia alami sudah memasuki stadium 3.

Kali ini kita akan membahas penyebab, gejala, dan cara pencegahan mengenai kanker ginjal. Yuk, kita cari tahu!

Penyebab Kanker Ginjal

Pada umumnya, gaya hidup tidak sehat seperti merokok dan obesitas dapat menyebabkan kanker ginjal. Bahkan kanker ginjal juga bisa disebabkan oleh keturunan keluarga.

Selain itu, menurut American Cancer Society, kanker ginjal terbentuk oleh DNA dalam sel di bagian ginjal bermutasi yang menyebabkan pertumbuhan sel tidak terkendali.

Seseorang yang pernah mengalami gangguan ginjal lebih berisiko terkena kanker ginjal. Berikut hal-hal lain yang dapat meningkatkan risiko kanker ginjal:

  1. Gender: Dibandingkan perempuan, laki-laki cenderung lebih mudah terkena penyakit kanker ginjal.
  2. Obesitas: Pola makan yang tinggi lemak, yang dapat menyebabkan obesitas pada tubuh juga meningkatkan risiko terkena kanker ginjal.
  3. Usia: Orang yang berusia di atas 45 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker ginjal dibandingkan orang yang berusia di bawah itu.
  4. Tekanan Darah Tinggi: Jika seseorang memiliki riwayat tekanan darah tinggi, orang itu memiliki risiko lebih tinggi dan kecenderungan mengalami kanker ginjal.
ARTIKEL TERKAIT •
Berbagai Nyeri di Tubuh Ini Bisa Menandakan Penyakit Berbahaya

Gejala

Shutterstock 579398002
Salah satu gejala kanker ginjal | hellosehat

Saat masih awal, kanker ginjal tidak akan menunjukan gejala yang terasa atau terlihat. Namun gelaja akan terjadi jika sel kanker sudah mulai berkembang, di antaranya yaitu:

  1. Penurunan berat badan secara drastis,
  2. Demam berkali-kali,
  3. Urin mengeluarkan darah,
  4. Punggung terasa sakit, terutama di bagian bawah tulang rusuk,
  5. Panggul terasa nyeri,
  6. Anemia,
  7. Lemas,
  8. Sakit dan bengkak di bagian perut.

Pencegahan

Sebelum terlambat, ada baiknya kita melakukan pencegahan dengan cara menerapkan pola hidup sehat.

Setidaknya kita bisa mengurangi risiko terkena kanekr ginjal jika kita menjauhi rokok, menjaga berat bada yang sehat, mengkonsumsi makanan dengan gizi yang seimbang, dan mengendalikan tekanan darah.

Jika sudah merasakan gejala-gejala seperti yang dijelaskan di atas, harap segera melakukan pemeriksaan ke dokter.

Berikan Nilai Untuk Konten ini