Gigi Tetap Kuning Meski Rajin Sikat Gigi, Ini Penyebabnya!

in
Sikat Gigi
Credit Image: CNN Indonesia

Perubahan gigi menjadi kuning disebut juga diskolorasi. Perubahan warna tersebut dibagi menjadi dua jenis, yaitu perubahan warna eksternal dan internal.

Perubahan warna eksternal sifatnya hanya sementara, bisa terjadi karena efek obat atau makanan. Sedangkan perubahan internal bisa disebabkan karena alasan medis seperti gangguan pada metabolisme dan hipoplasia email. Hipoplasia email adalah perkembangan jaringan pada gigi yang tidak lengkap.

Berikut beberapa penyebab lain gigi menguning:

1. Kebersihan mulut

Kebersihan mulut disebut juga dengan Oral Hygiene, merupakan upaya membersihkan mulut dari sisa-sisa makanan pada gigi dan gusi. Perlunya dibersihkan agar bakteri tidak berkembang, sehingga bau mulut, radang gusi dan gigi menguning dapat dihindari.

2. Pembusukan gigi

Sakit Gigi Berlubang Ini Penanganannya Alodokter
Gigi berlubang | Alodokter

Pembusukan gigi diakibatkan oleh bakteri pada sisa makanan di mulut. Kerusakan terjadi pada email gigi (lapisan luar gigi) yang menjalar ke lapisan detin. Hal ini bisa menyebabkan gigi alami menjadi kuning.

3. Fluorosis

Flourida yang berlebihan pada susu formula atau produk konsumsi lainnya dapat menimbulkan bercak-bercak pada gigi. Pada kondisi yang ekstrim, gigi akan menjadi pecah lalu muncul noda cokelat yang meluas menyebabkan warna karat akan menempel pada gigi.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Agar Kamu Bisa Move On Dengan Cepat

4. Tembakau

091086100 1483609971 TanyaDokter Image Cara Memutihkan Gigi Pada Perokok
Merokok | Liputan6

Sudah banyak yang tahu, bahwa tembakau pada rokok bisa menyebabkan noda kuning pada gigi. Rokok yang terhisap ke dalam mulut akan meninggalkan tar dan nikotin yang mengendap dalam cavity gigi yang bisa merusak enamel alami gigi. Sehingga menghasilkan tampilan warna kuning pada lapisan luar gigi.

5. Cedera

Cedera pada gigi bisa menyebabkan pembuluh darah pecah, lalu darah bisa mempengaruhi email pada gigi. Hal ini memungkinkan gigi akan menjadi kuning karena noda darah yang sulit dihilangkan.


Itulah 5 penyebab gigi tetap kuning meskipun kita rajin menggosok gigi. Untuk itu sebaiknya kita menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan gigi menguning seperti tembakau.

Jika gigi tetap menguning dan napas tidak segar dan cenderung bau, kita bisa menggunakan produk-produk penyegar mulut dan pemutih gigi, namun sebaiknya sebelum menggunakannya, kitakonsulatsikan terlebih dahulu ke dokter gigi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini