Jangan Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-Ac, Jika Tidak Ingin Mengalami Gejala Berikut

in
Akibat terlalu lama berada di ruangan ber ac
Menggunakan Ac Dalam Rumah

Air Conditioning atau Ac adalah alat elektronik yang bermanfaat untuk mendinginkan suatu ruangan. Saat ini, banyak orang yang tidak lepas dengan yang namanya AC. Seperti saat berada di ruangan kantor, perpustakaan, balai, di dalam kendaraan, penggunaan AC sering dimanfaatkan.

Akan tetapi, kamu harus tahu terlalu lama berada di ruangan ber-AC akan berdampak tidak baik bagi kesehatan kamu, lho. Seperti yang kami kutip dari situs Indozone, berikut adalah beberapa dampak buruk akibat dari terlalu lama berada di ruangan ber-AC.

1. Masalah pernapasan

Masalah asma
Masalah asma | via Halodoc

Saat berada di ruangan ber-AC tentunya akan membuat suhu tubuh berubah secara drastis. Dan perubahan suhu tubuh yang drastis akan mempengaruhi system pernapasan kamu. Perubahan suhu tubuh dari panas ke dingin akan menyebabkan berbagai masalah pernapasan, seperti   infeksi tenggorokan atau faringitis. Bukan hanya itu saja, gejala yang bisa timbul adalah sakit hidung atau tenggorokan.

2. Mata menjadi kering

Mata menjadi kering
Mata menjadi kering | via Unsplash

Tidak dapat dipungkiri, saat berada di ruangan ber-AC, mata akan terasa pedih dan kering. Bukan hanya pengaruh terlalu lama menatap layar smartphone saja yang bisa membuat mata menjadi kering ataupun pedih, namun efek kelembapan yang diserap oleh AC juga berdampak buruk juga lho.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Tanpa Minum Air

3. Kulit terasa gatal dan menjadi kering

Kulit terasa gatal
Kulit terasa gatal | via Unsplash

Kamu pasti pernah mengalami gejala ini, pancaran sinar matahari dan sifat sejuk yang dikeluarkan oleh AC bisa membuat kulit menjadi kering dan terasa gatal. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa menggunakan lotion pelembab yang sesuai dengan kulit kamu agar kulit menjadi lembab dan tidak mengalami kekeringan.

4. Masalah dehidrasi

Masalah dehidrasi
Masalah dehidrasi | via Unsplash

Tanpa kamu sadari, ketika kamu sedang asyik-asyiknya berada di ruangan ber-AC dapat membuat kamu mengalami gejala dehidrasi. Hal ini terjadi karena kelembapan ruangan yang diserap oleh AC. Oleh karena itu, jika memang terpaksa bawalah asupan cairan yang cukup agar kamu terhindar dari masalah dehidrasi.

5. Tubuh menjadi lesu

Tubuh menjadi lesu
Tubuh menjadi lesu | via Unsplash

Kebanyakan orang ketika sedang berada di ruangan ber-AC, mereka akan menjadi malas untuk beraktivitas dan ingin bersantai-santai saja. Nah, ini akibat dari rasa lesu. Efek suhu udara dari AC lah yang membuat tubuh menjadi lesu dibandingkan dengan bekerja di ruangan berventilasi udara alami.

Maka dari itu, disarankan untuk tidak terlalu berlama-lama berada di ruangan ber-AC. Karena hal itu berdampak buruk untuk kesehatan kamu. Jikalau memang harus, cobalah untuk memenuhi kebutuhan akibat dampak dari berlama-lama di ruangan ber-AC.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Hal Penyebab Bisulan di Tubuh

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.