Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas

in
Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas
Tips Menjaga Kesehatan Saat Cuaca Panas | Source: rancahpost.com

Indonesia adalah salah satu negara yang punya suhu panas. Hal ini lantaran indonesia sebagai salah satu negara yang dilalui Garis Khatulistiwa, jadi tak heran jika suhu di Indonesia terasa begitu panas.

Nah, cuaca yang terik dan panas yang ekstrim juga bisa mengakibatkan kita dehidrasi dan penyebab kulit terbakar. Ada beberapa cara menjaga kesehatan di saat suhu ekstrim melanda.

Berikut adalah tips menjaga kesehatan saat cuaca panas

1. Jangan Meminum Air Dingin

Meminum air dingin memang bisa membuat tubuh terasa segar, apalagi di cuaca panas yang bisa membuat kita segar kembali. Namun tahukah kalian? bahwa minum air dingin di suhu panas bisa membuat pembuluh darah kita berpotensi meledak.

Maka dari itu, sebaiknya hindarilah minum air dingin, lebih baik untuk meminum air biasa atau air hangat suam 34 sampai 36 celcius, dan usahakan untuk menhindari meneguk air sampai habis. Minumlah sedikit demi sedikit itu jauh lebih baik.

2. Banyak Minum Air Putih

Cobalah untuk perbanyak mengosumsi air putih. Karena dengan meminum air putih setidaknya 10 gelas perhari, metabolisme tubuh kita tetap dapat terjaga dengan baik.

ARTIKEL TERKAIT •
Bukan Sayuran, 6 Bahan Makanan Ini Ternyata Termasuk Buah

Kamu juga dapat mencampurkan air putih dengan sesendok madu untuk mendapatkan nutrisi yang baik dan juga membuat tenggorokan bebas penyakit radang atau penyakit lainnya.

3. Berolahraga

Berolahraga tentu sangat baik untuk tubuh. Jadi, olahragalah saat terik matahari pagi. Tentunya hal itu bisa menjaga tubuh kamu dari penyakit serta kamu bisa mendapatkan oksigen lebih baik karena matahari pagi. Olahraga 30 sampai 40 menit setiap hari.

4. Beristirahat

Berisitirahatlah yang cukup, tidur dalam waktu 7 sampai 8 jam perhari sangat bagus untuk membuat tubuh tetap sehat saat bangun tidur. Aktivitas di cuaca panas tentu membuat tubuh kita lesu dan cepat lelah. Maka dari itu, istirahatlah yang cukup jika ada waktu luang.

5. Kosumsi Buah-Buahan Dan Sayuran

Vitamin yang ada pada buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, buah-buahan dan sayuran seperti timun juga mengandung banyak air, maka dari itu sangat pas untuk dikosumsi saat sedang cuaca panas.

ARTIKEL TERKAIT •
Tetap Aman Belanja Kebutuhan Sehari-hari Selama Pandemi

Berikan Nilai Untuk Konten ini