menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comLife4 Hal Yang Harus Diterapkan Jika Ingin Benar-Benar Memahami Seseorang

4 Hal Yang Harus Diterapkan Jika Ingin Benar-Benar Memahami Seseorang

4cdb4418e0c37ea4ebd765341c285a420ceb486e
4cdb4418e0c37ea4ebd765341c285a420ceb486e

Berikut adalah 4 hal yang harus diterapkan oleh kita jika ingin benar-benar memahami seseorang.

Tentunya dalam pergaulan, kita harus bisa memahami (ber-empati) pada orang lain terlebih, yang berhubungan super dekat dengan kita. Karena dengan memiliki sifat ini, akan membuat kehidupan kita akan terus damai nan tenang.

Tapi terkadang mungkin kita lupa atau bahkan tidak tahu cara atau hal yang harus diterapkan jika ingin benar-benar memahami seseorang tersebut.

Well, gak usah bingung lagi. Langsung saja simak 4 hal yang harus diterapkan berikut jika ingin benar-benar memahami seseorang.

1. Menjadi Pendengar Yang Baik

Hal yang harus diterapkan jika ingin benar-benar memahami seseorang yang pertama, tentunya mau menjadi pendengar yang baik.

Dan tentunya logis bukan? Bagaimana kita mau bisa memahami kalau teman sedang memiliki permasalahan finansial serius banget dan dia, sebenarnya terpaksa pinjam duit kita, kalau kita saja gak mau mendengar dulu apa yang disampaikannya dengan baik?

Begitu juga sebaliknya. Teman kita benar-benar memahami kita karena dia sudah tahu betul bagaimana kita dan bagaimana, masalah yang kita hadapi. Dan mereka mengetahuinya karena mereka mau dengan sabar mendengarkan cerita / keluh kesah kita.

2. Bisa Menempatkan Diri Di Posisinya

Kita sering mendengar istilah ini. Tapi apakah kita sudah paham 100% dengan maknanya?

Maksud poin ini adalah kita harus bisa merasakan atau bahkan membayangkan masalah yang dihadapinya juga masalah yang sedang kita hadapi. Dan caranya bukan hanya sekedar berucap “iya gue ngerti yang lo rasain kok”

Well, itu basi banget sih. Karena untuk menerapkan poin ini ya lebih dari itu. Kita harus benar-benar merasakan secara abstrak fisis. Kalau sudah bisa demikian, baru deh kamu bisa bilang demikian.

3. Menghargai Bukan Mempengaruhi

Kita pastinya pernah atau bahkan sering menasehati kawan yang sedang menghadapi masalah dengan pandangan / prinsip yang kita miliki.

Gak salah sama sekali kok. Tapi seringkali yang terjadi nih, kita malah memaksakan bahkan menjejali pandangan kita tersebut ke dirinya. Nah ini yang sangat salah guys.

Kita boleh memberikan nasehat atau pandangan. Tapi jangan sampai seperti “lo nurut deh kata gue”. Ingat pandangan / prinsip kita dengan teman gak selalu sama. Jadi berikanlah pandangan tapi tetap menghargai prinsip yang dipegangnya oke?

4. Perhatikan Gerakan Non-Verbal

Gak semua orang bisa mengungkapkan seluruh keluh kesah secara  lisan atau berbicara. Terkadang, dari gerakan non verbal nya saja, kita sudah bisa menerka bahkan mengetahui apa yang sedang dirasakan.

Jadi yap perhatikan baik-baik gerak geriknya ya guys. Kalau kamu melakukan 4 hal ini, dijamin deh kamu bakalan dianggap keren karena memiliki tingkat pengertian dan empati yang sangat tinggi. Selamat menjalankan!

Add comment