5 Tata Cara Berbicara Yang Baik dan Benar Terhadap Orang Lain

in
7 Etika Dalam Berkomunikasi Dengan Pelanggan
7 Etika Dalam Berkomunikasi Dengan Pelanggan

Berikut adalah 5 tata cara berbicara yang baik dan benar terhadap orang lain.

Walau awalnya terlihat gampang. Tapi faktanya berbicara yang baik dan benar dengan orang lain, tidaklah segampang yang seperti kira.

Kalau memang gampang, lalu kenapa banyak banget konflik bahkan pembunuhan yang terjadi, gara-gara cuma berbicara? Nah apabila kita ingin terhindar dari hal-hal seperti ini, yuk kita simak 5 tata cara berbicara yang baik dan benar terhadap orang lain berikut ini.

1. Berpikir Dulu Sebelum Berbciara

Inilah tata cara berbicara yang baik dan benar terhadap orang lain yang paling pertama yang harus kita ayomi.

Mengapa demikian? Karena seringkali konflik terjadi gara-gara omongan yang gak dipikir atau difilter dulu yang gak enaknya.  Nah apabila memang ingin terhindar dari konfliknya, makan please pikir dulu baik-baik sebelum mengeluarkan kata-katanya.

2. Tidak Berlebihan

Maksudnya disini, berbicaralah dengan nada, intonasi, dan flow yang normal-normal saja. Lalu juga dalam menyampaikan pesan tidak usah juga menggunakan bahasa tubuh seperti pemain teater.

Coba deh kalau kamu melihat lawan berbicaramu, berbicara dengan atribut yang telah disebutkan tersebut, bagaimana coba perasaan kamu?

3. Memperhatikan Lawan Bicara

Tentunya bukan? Kamu mau nggak kalau lagi bebricara dengan teman kamu, eh dia gak memperhatikan wajah kamu?

Selain gak enak banget, juga menandakan kita gak menghargai dia. Ingat manusia pada dasarnya ingin dihargai. Kalau kamu tidak menghargai lawan bicaramu, ya bagaimana dia bisa menghargai kamu bukan?

4. Sopan Santun

Ini WAJIB BANGET! Dengan menyampaikan semuanya dengan sopan santun, maka si lawan bicarapun, akan benar-benar menghargai kita.

Bukan itu saja. Dengan penyampaian tutur kata yang sopan, akan membuat lawan bicara jauh lebih menyukai kita. Atau, ingin berkenalan dengan kita lebih jauh lagi.

Dan kalau sudah demikian, alhasil kitapun memiliki teman baru lagi.

5. Menggunakan Kata-Kata Yang Mudah Dimengerti

Nah poin ini memang agak tricky. Tapi memang harus dilakukan. Kenapa? Ya apakah kamu ingin berbicara dengan orang yang suka menggunakan istilah atau kata yang bahkan kamu saja, sulit untuk memahaminya?

Jadi yap pergunakanlah kata-kata yang mudah dimengerti sehingga, pesan yang ingin disampaikan pun akan benar-benar tersampaikan dengan jelas. Semoga pembahasannya ini bermanfaat ya!

Berikan Nilai Untuk Konten ini