5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental Selama Pandemik Corona

in ,
3784300048 https://nationalgeographic.grid.id/
3784300048https://nationalgeographic.grid.id/

Pandemi virus Corona, yang sudah berbulan-bulan di Indonesia ternyata tidak hanya mengancam kesehatan fisik saja, kesehatan mental juga.

Tidak hanya rasa takut, efek psikologis yang ditimbulkan pun bisa berdampak serius. Apa saja gangguan kesehatan mental yang dapat muncul dan bagaimana cara mengatasinya?

Tips menjaga kesehatan mental selama pandemi virus Corona:

kesehatan mental sama hal pentingnya dengan kesehatan fisik, langkah pertama yang harus kamu lakukan.

1. Cerita kepada seseorang

menjaga kesehatan mental
Teman Curhat menjaga kesehatan mental https://www.kompasiana.com/

Memberi tau atau bercerita, serta mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri agar terhindari dari sakit mental.

2. Menghentikan kebiasaan buruk

Stop Merokok Gwh46o
Stop Merokok https://kumparan.com/

Rasa takut dan cemas memang normal dirasakan selama masa pandemi seperti ini. Namun banyak cara untuk menhindarinya yaitu, mulainlah berhenti dari kebiasaa buruk. Jika kamu adalah seorang perokok, maka cobalah untuk tidak mengisapnya. sepertidkita ketahui perokok yang dapat menyebabkan covid lebih mudah diserang oleh wabah Covid-19.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenali 5 Tanda-Tanda Gangguan Mental yang Sering Menghantui

3. Makanlah makanan yang enak dan bergizi

menjaga kesehatan mental
menjaga kesehatan https://lifestyle.kompas.com/

Makanan yang bergizi dan enak ternyata juga dapat mengatur kesehatan metal. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan tubuh saja, asupan nutrisi yang cukup juga dapat menjaga kesehatan mental yang baik.

4. Membuat kegiatan rutinitas sendiri

Scipreneur Success 678x381 1
Scipreneur Success https://sejauhputrimemandang.blog/

Selama di rumah, kita juga bisa melakukan kegiatan berupa, hobi atau aktivitas yang disukai, misalnya memasak, membaca buku, atau menonton film. Selain meningkatkan produktivitas, kegiatan tersebut juga dapat menghilangkan rasa takut terhadap pandemik Corona-19.

5. Olahraga

Olahraga Yang Cocok Saat Dirumahaja
Olahraga Yang Cocok Saat Dirumahaja https://www.ayosemarang.com/

Olahraga itu penting, walaupun dirumah aja kita masih bisa melakukan olahraga ringan, seperti lari kecil atau lompat di tempat. Dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh kita akan lebih baik.

Jangan terlalu stes, jika stres dan ketakutan secara berlebihan maka kita akan mengalami rasa takut yang sangat berat, jangan ragu berkonsultasi dengan keluarga.

Berikan Nilai Untuk Konten ini