5 Hal Yang Harus Selalu Dibersihkan Walau Pandemik Sudah Usai

in ,
Mencuci Tangan
Mencuci Tangan | Prestige Online

Dengan situasi pandemik COVID-19 aka Corona yang masih mendera saja, gak heran jika kita dalam beberapa bulan ini selalu rajin bersih-bersih baik anggota tubuh maupun hal-hal lainnya.

Tentunya hal ini ditujukan agar kita bisa terbebas dari penyakit flu super mematikan tersebut. Namun walau nantinya pndemik COVID-19 sudah usai, faktanya kita haruslah tetap bersih-bersih.

Dan dari sekian banyak yang harus dibersihkan tersebut, berikut adalah 5 yang kudu banget selalu dibersihkan setiap saat.

1. Anggota Tubuh

Final Bathshower1
Bersih badan terus ya! |Global News

Tentunya bukan? Memang di masa pandemik ini, frekuensi mandi kita kini jauh lebih sering. Apalagi bagi kita-kita yang masih suka keluar-keluar baik itu untuk bekerja atau melakukan aktivitas lainnya.

Namun, bukan berarti ketika nanti pandemik usai, kita malah menjadi jarang banget lagi mandinya. Jangan sampai ketika pandemik usai, mandinya jadi cuma 1 hari sekali atau hanya tiap 3 hari sekali. IH JOROK!

Perlu diketahui ketika kamu gak mandi sehari aja, ribuan bahkan jutaan jamur, bakteri, daki, dan hal-hal kotor nan menjijikan lainnya, akan hingga di tubuh kamu. Itu baru 1 hari loh! Bagaimana kalau 3 hari berturut-turut gak mandi ya?

ARTIKEL TERKAIT •
36 Pasien di China Dinyatakan Sembuh dari Virus Corona

2. Tangan & Kaki

Hand Washing
Cuci Tangan |Environment – Arlington County

“Loh kok dipisah pembahasannya / poin-nya? Bukannya poin pertama juga sudah mencakup tangan dan kaki ya?”

Memang secara teknis, ketika kita mandi kedua tangan dan kedua kaki kita juga ikut bersih. Tapi kerap kali kalau sudah selesai mandi, terkecuali kalau mau makan, banyak dari kita yang justru jadi malah cuci tangan dan kaki.

Padahal walau kita katakanlah di rumah saja dan rumah selalu di-pel dan disapu (pokoknya bersih deh), tetap saja ketika kita berjalan (terlebih yang suka cekeran) dan menyentuh barang-barang rumah lain, secara gak kita sadari banyak kotoran serta bakteri yang nempel.

Oleh karenanya walau nanti pandemi telah usai, TETAP RAJIN cucu tangan dan kaki ya! Lebih abik lagi pakai sabun dan disabuni seluruh celah-celah ruang jari tangan dan kakinya. Saran gue nih, lakukan ini setiap kali sebelum naik ke tempat tidur di malam hari.

3. Makanan dan Keperluan Lain

70521402.cms
Cuci Sayur & Buah |Times of India

Pokoknya mau itu sayur, buah, ayam, daging, bahkan benda / barang NON ELEKTRONIK yang baru dibeli, sangat gue anjurin untuk dicuci dulu dengan air mengalir (kagak usah pake sabun).

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Mengkarantina Diri

Kenapa? Ya logika aja guys. Walau mungkin sayur dan buah dari supermarket sudah terlihat basah dan bersih, tapi tetap saja ketika kita memegang balik buahnya atau dari dalam plastiknya, terdapat kuman-kuman kecil yang menempel.

Bungkus mi instan saja kalau bisa, langsung dicuci dulu pakai air (BUNGKUS-nya aja ya!). Dengan begini, dijamin hidup kita pun bisa semakin bersih dan sehat saja.

4. Gorden

Clean The Curtains1
Gorden | Curious Mob

Gue yakin. Banyak dari kita yang sangat jarang membersihkan tirai / gorden rumah. Padahal seperti kita tahu, Gorden itu fungsinya pelindung kaca rumah dari berbagai debu dan bakteri rumah.

Oleh karenanya, ya bakteri, debu, jamur, dan lain-lainnya, akan terus nempel di gorden. Walau kita memamang gak dekat sama gorden-nya, tetap saja debu-nya terbang melalui udara.

Dan apabila terhirup oleh kita atau saudara yang memiliki permasalahan di pernapasan, tentunya hal ini bakalan bahaya banget. Jadi usahakan setidaknya setiap 6 bulan, kita membersihkan gorden-nya.

5. Layar Gadget

Clean Touch Screen Devices1
Layar Gadget |Curious Mob

Yap yakin deh. Karena saking asik-nya main game atau swipe Tinder kiri-kanan, alhasil kita kerap lupa untuk membersihkan layar tab atau smartphone kita.

ARTIKEL TERKAIT •
Karena Pertengkaran Rumah Tangga, Sang Istri Melaporkan Suami Terkena Virus Corona

Padahal tahu gak sih? Seperti yang dilansir dari SaniProfessional, jumlah bakteri yang “ngumpul” di layar gadget jumalahnya 10 KALI lebih banyak daripada jumlah bakteri yang terdapat di dudukan kloset.

Dan umumnya, jenis bakteri yang nempel adalah:

  • Mold
  • Yeast
  • Coli
  • Streptococcus
  • MRSA

Nah apabila kita secara gak sadar terkena salah satu dari bakteri-nya dan, kita langsung mengusap muka, bisa dipastikan kita akan langsung sakit entah itu batuk-pilek, atau penyakit-penyakit lainnya.

Oleh karenanya, rajin-rajinlah membersihakan layar dengan lap yang telah disemprotkan oleh cairan disinfektan. Mouse dan Keyboard PC pun sebisa mungkin juga diterapkan hal yang serupa.

Dan setelah membersihkan semuanya, jangan lupa untuk cuci tangan lagi dengan sabun sehingga sekali lagi, kita bisa bebas dari bibit penyakitnya. Itulah tadi pembahasannya. Semoga bermanfaat ya guys!

Berikan Nilai Untuk Konten ini