5 Cara Hidup Bahagia, Yang Wajib Kamu Ketahui

in ,
cara bahagia dalam hidup https://www.cahayaislam.id/
cara bahagia dalam hidup https://www.cahayaislam.id/

Hidupan Bahagia, semua orang menginginkannya. Mendambakan bisa menjalani hidup dengan bahagia dan belangsung tanpa ada masalah.

Tapi jangan lupa juga, yang namanya hidup tidak mungkin mulus selalu. berbagai macam cobaan ujian datang silih berganti dalam kehidupan. Sebut saja seperti, Hidup itu sulit, hidup itu penuh tantangan, hidup itu tidak pernah sempurna, hidup itu pendek, hidup itu masalah Dll.

Tips Bahagia Dalam Menjalani Kehidupan

Perlu Kita ketahui bersama, bahwa hidup jangan dibuat susah apalagi resah dan gelisah, karena hidup akan indah sejalan dengan keadaan dan kondisi kita sendiri. Mari dan renungkanlah, hidup akan menjadi lebih baik setelah kita mengetahui beberapa rahasia penting dalam kehidup ini, diantaraanya.

1. Hindari Permusuhan

Wanita Mudah Membenci Satu Sama Lain Ini Sebabnya
Wanita Mudah Membenci Satu Sama Lain Ini Sebabnya https://seruni.id/

Jangan pernah membenci seseorang hanya karena dia lebih baik darimu. Walaupun dia berbuat kesalahan kepadamu tetapi doakan dia untuk berubah dan menjadi baik.

Sulit bagi kita mencegah orang yang menganggap kita musuh. Tapi, kita bisa mengubah itu dengan selalu berbuat baik kepadanya. Perlahan-lahan, mereka akan melihat kebaikan kita dan mengubah musuh menjadi teman.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Tips Hidup Sehat Agar Kamu Panjang Umur

Sebagaimana firman Allah dalam surah Al-Hujurat,

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُوْنَ إِخْوَةٌ فَأَصْلِحُوا بَيْنَ أَخَوَيْكُمْ ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُرْحَمُونَ ٌ

Artinya :

“Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu damaikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.” (Q.S. Al-Hujurat ayat 10)

2. Jangan Suka Mengeluh

 Cara Bahagia Dalam Hidup
Cara Bahagia Dalam Hidup https://www.arah.com/

Jangan suka berkeluh kesah dalam kehidupan, karena apa yang kita alami saat ini adalah sebuah proses untuk kita menjadi lebih dewasa dalam banyak hal, sebaliknya perbanyaklah berdoa kepada Allah.

Sebagaimana firman Allah SWT,

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ ٱصْبِرُوا۟ وَصَابِرُوا۟ وَرَابِطُوا۟ وَٱتَّقُوا۟ ٱللَّهَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ

Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, bersabarlah kamu dan kuatkanlah kesabaranmu dan tetaplah bersiap siaga (di perbatasan negerimu) dan bertakwalah kepada Allah, supaya kamu beruntung.”(Q. S. Ali Imran: 200)

3.Berfikir Positif

0 865r 1540808958388 670x335
https://umma.id/

Berfikir positif dapat membantu mengatasi ataupun menyelesaikan masalah yang mungkin anda alami setiap hari. Berpikir positf juga membantu kita melatih pikiran kita untuk menjadi lebih jernih dalam berpikir.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Cara Mengusir Kesepian Agar Tidak Tersiksa

Berpikir positif mampu melindungi kesahatn kita menjadi lebih baik. Dengan berpikir positif juga dapat menjauhkan kita dari masalah kesehatan terutama kesehatan psikologis.

4. Selalu Tersenyum

Muslimah Senyum
Muslimah Senyum https://www.islampos.com/

Cobalah tenyum walaupun hati terluka karena hinaan orang dengan satu pemahaman bahwa kita mengampuni dia karena dia tidak tau apa yang dia katakan kepada kita. Selain itu, apabila kita tersenyum dihadapan saudara kita, kita sudah melakukan sedekah paling ringan yang diperhitungkan oleh Allah SWT untuk menambah pahala kita.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW: “Senyummu di depan saudaramu, adalah sedekah bagimu” (Sahih, H.R. Tirmidzi no 1956)

5. Selalu Memberi

Charity
Charity https://izi.or.id/

Suka memberi dan berbagi akan membuat hidup kita bahagia, melihat orang lain bahagia dengan pemberian kita. walaupun kita tidak berlebih karena kita sesungguhnya bendahara Allah di dunia ini. Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim, Rasululllah SAW bersabda, “Tangan di atas lebih baik dari pada tangan di bawah.”

Hal yang dimaksud dengan “tangan di atas” adalah orang yang memberi, sedangkan “tangan di bawah” adalah orang yang menerima atau meminta.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Cara Mudah Mengambil hati Orang Introvert, Kamu Pasti Bisa!

Hadits ini menasihati agar kita menjauhi perbuatan meminta-minta; sekaligus untuk mendorong agar kita lebih suka memberi dari pada meminta karena yang memberi akan menjadi pihak yang lebih baik dari pada yang diberi. Singkatnya, hadits ini menegaskan bahwa memberi itu lebih baik dari pada meminta.

Tetap semangat dalam menjalani kehidupan yang lebih baik dan bahagia, jangan lupa 5 Cara Bahagia Dalam Hidupyang sudah dijelaskan diatas. Semoga bermafaat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini