Fakta Menarik Warna Pelangi, Terdiri Dari Jutaan Warna

in ,
Pelangi
Pamarta.com

Warna pelangi– Pelangi tidak muncul setiap hari, Ia hanya muncul sesaat setelah hujan berhenti. Jika kamu pencinta pelangi, pastinya kamu tahu dong berapa jumlah warna yang ada pada pelangi?

Iya, jumlah warna yang ada pada pelangi ada 7, dimulai dengan warna merah diatas dan warna unggu yang paling di bawah.

Berikut Beberapa Fakta Unik Dari Warna Pelangi

Fakta Warna Pelangi

Warna yang ada pada pelangi terdiri Dari Jutaan Warna, dan sebenarnya pelangi tidak hanya memancarkan 7 warna saja, tetapi terdiri dari jutaan warna.

Mata kita tidak mampu menangkap semua komponen yang dipancarkan pelangi. Seperti warna merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu.

Fakta Warna Pelangi Terlihat Berbeda-beda Di Setiap Mata

Sebuah cahaya yang memantul dalam rintik hujan, bisa membuat bentuk pelangi terlihat berbeda-beda di mata seseorang. Tidak hanya yang jaraknya jauh saja, bahkan beberapa orang yang melihat dari jarak beberapa centimeter pun, bisa memberikan tampilan yang berbeda-beda.

Bentuk pelangi secara umum adalah membentuk setengah lingkaran. Tapi ternyata, bentuk pelangi yang dilihat setiap orang, bisa tampak berbeda-beda loh. Kok bisa? Hal ini ditentukan oleh jarak dan posisi seseorang dalam melihat pelangi.

Fakta Sudut Matahari Berpengaruh Terhadap Pelangi

Mengapa pelangi sering kali terlihat lebih sempurna oleh mata ketika pagi atau sore,  tepatnya ketika matahari sedang terbit atau tenggelam? Ini karena sudut matahari berpengaruh pada susunan formasi pelangi. Biasanya, pelangi terlihat ketika matahari berada di sudut 42 derajat.

Fakta Warna Pelangi Adalah Cahaya Yang Dibiaskan

Kita bisa melihat pelangi karena adanya cahaya yang dibiaskan. Cahaya yang dipantulkan dari medium yang berbeda, yaitu medium udara melewati medium air hujan. Sebenarnya warna matahari yang digabungkan adalah berwarna putih. Namun ketika terjadi pembiasan, maka warna yang dihasilkan menjadi berwarna-warni seperti yang kita lihat.

Itulah beberapa fakta menarik dari warna pelangi yang mungkin baru diketahui. Maka dari beberapa fakta unik diatas, dapat kita simpulkan bahwa fenomena alam seperti pelangi ini merupakan fenomena yang menakjubkan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini