5 Tips Menjadi Pendegar yang Baik

in ,
Shutterstock 409749337 1
Shutterstock 409749337 1

Menjadi pendengar yang baik, membuat kamu menjadi orang yang lebih peka dalam merespon pembicaraan. bisa mendengarkan orang lain merupakan sebuah keistimewaan tersendiri dan kamu bisa lebih dihargai.

Dimana pun kamu berada, pendengar yang baik selalu dibutuhkan untuk berdiskusi tentang sebuah masalah.

Mendengarkan secara baik, diperlukan pengetahuan, pengalaman, dan kecerdasan emosional, jika kamu ingin memiliki kemampuan yang satu ini. Berikut beberapa tips menjadi pendengar yang baik.

1. Dengarkan dengan semua indera Anda

Dengarkan dengan semua indera Anda
https://glints.com/

Langkah awal untuk menjadi pendengar yang baik adalah dengan mendengarkan. anda harus mengarkan secara seluruh isyarat verbal dan non-verbal dari rekan bicara Anda, termasuk ekspresi dan bahasa tubuhnya. Untuk itu berhadapan langsung merupakan cara terbaik untuk mendengarkan.

2. Kontak mata yang baik adalah kunci

Kontak mata yang baik adalah kunci
Two People Talking https://www.provoke-online.com/

Bukan hanya soal telinga saja, tetapi mendengarkan juga membutuh mata. Dengan tatapan mata yang intens maka lawan bicara akan merasakan ceritanya diperhatikan dengan baik dan seksama. Jika kamu beralih pandangan saat lawan bicaramu sedang bercerita, pasti dia akan merasa menyebalkan dengan sikap itu.

ARTIKEL TERKAIT •
Curhat Dengan Lawan Jenis Bisa Jadi Penyebab Perselingkuhan

3. Jadilah orang yang penasaran pada topik

Jadilah orang yang penasaran pada topik
Ilustrasi Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi https://www.duniakaryawan.com/

Buatlah Anda tertarik pada orang yang sedang Anda dengarkan. Perhatikan dan bertanyalah pada orang yang Anda dengarkan. Cobalah bertanya dengan pertanyaan pendek yang memerlukan jawaban panjang. Buatlah rasa penasaran tentang ceritanya, agar dia mau menceritakan lebih dalam lagi.

4. Jangan banyak interupsi akan mengacaukan suasana

Jangan banyak interupsi akan mengacaukan suasana
Obrolan https://david-pranata.com/

Menjadi pendngar yang baik, biarka lawan bicara Anda menjawab pertanyaan. Diam dapat menjadi sulit, terutama pada topik yang Anda anggap menarik. Tetapi, coba tahan keinginan Anda untuk memberi nasehat atau menjawab ketika Anda sedang mendengarkan, ini akan membuat rekan bicara Anda dapat mengungkapkan semua emosi mereka.

Sebagai contohnya adalah ketika kamu memotong pembicaraan di situasi, yang membuat lawan bicara berada dalam posisi yang tak nyaman.

5. Merespon saat sudah selesai atau saat diminta oleh lawan bicara

Merespon saat sudah selesai atau saat diminta oleh lawan bicara
Ilustrasi Berbicara Dengan Fakta https://www.tipspengembangandiri.com/

Biarkan ia bercerita secara lengkap sampai dia merasa cukup. Barulah kamu mulai menyampaikan sesuatu. Kecuali kalau memang dia memilah bagian ceritanya dan memintamu untuk berpendapat setiap dia selesai satu bagian cerita.

ARTIKEL TERKAIT •
Praktekkan, Cara Agar Suami Enak Dijadikan Tempat Curhat

Ada waktunya kamu didengarkan dan ada waktunya kamu perlu mendengarkan. Menjadilah berarti untuk orang lain dimulai dari mendengarkan cerita mereka.

Cara untuk menjadi pendengar lebih baik adalah kesadaran diri sendiri. Itulah 5 tips menjadi pendengar yang baik, Ketahui karakter Anda dalam mendengarkan, dan mulailah berubah untuk menjadi pendengar yang lebih baik. Semoga bermafaat

Baca juga ini

Berikan Nilai Untuk Konten ini