Perhatikan 5 Hal Berikut Sebelum Melakukan Pekerjaan Sampingan

in ,
Pekerjaan Sampingan Yang Tepat
Pekerjaan Sampingan Yang Tepat | Credit Image: goKampus

Selain dari gaji pekerjaan, tak sedikit orang yang juga mengandalkan hidup dari pekerjaan sampingan. Tingginya kebutuhan hidup, membuat orang mencari pekerjaan tambahan di luar jam kerja. Karena dengan memiliki pekerjaan sampingan, kita bisa menjadi lebih aman secara finansial.

Meskipun bisa menambah pundi-pundi rupiah, namun tentu saja ada beberapa dampak yang cenderung negatif jika kita juga melakukan pekerjaan sampingan. Agar terhindar atau meminimalisir dampak negatif yang ditimbulkan oleh pekerjaan sampingan bagi diri kita, 5 hal berikut perlu kita perhatikan!

1. Ketersediaan Waktu

Mengatur Waktu
Mengatur Waktu | KaryaOne

Hal pertama yang harus kita pertimbangkan ialah ketersidaan waktu saat ingin bekerja sampingan. Jangan sampai pekerjaan sampingan kita justru akan mengganggu waktu pekerjaan utama kita. Jika demikian, tentu saja produktivitas kita pada pekerjaan utama akan menurun.

Untuk mengatasinya, kita harus pandai mengatur waktu. Yaitu dengan cara membuat jadwal yang rinci dan tepat, tak lupa juga kita harus mematuhi jadwal tersebut. Pada umumnya, kita membutuhkan waktu 8 jam untuk pekerjaan utama kita.

Jika demikian, kita bisa mengambil waktu akhir pekan Sabtu-Minggu untuk melakukan pekerjaan sampingan kita. Atau jika memang memungkinkan, kita bisa mencari pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan ketika malam hari.

2. Jenis pekerjaan yang tepat

Pekerjaan Sampingan Yang Tepat
Pekerjaan Sampingan Yang Tepat | goKampus

Kita tidak boleh asal memilih pekerjaan sampingan. Kita ahrus memilih pekerjaan sampingan kita dengan matang, sebab kita juga harus menekuni pekerjaan tersebut meskipun bukan merupakan pekerjaan utama.

Pekerjaan sampingan yang sesuai passion, bakat, dan minat akan terasa lebih menyenangkan untuk ditekuni. Seperti contoh, menulis, fotografi, membuat kue, bahkan bermain game-pun bisa menjadi pekerjaan sampingan jika memang kita serius ingin menekuni itu.

Selain menyenangkan, pekerjaan sampingan yang sesuai dengan passion, minat, dan bakat kita sekaligus bermanfaat untuk mengusir penat di sela-sela rutinitas pekerjaan utama.

3. Perkiraan pendapatan yang akan didapatkan

Pendapatan Pekerjaan Sampingan
Pendapatan Pekerjaan Sampingan | woke

Selanjutnya, hal lain yang perlu kita perhatikan ialah perkiraan pendapatan yang dihasilkan dari pekerjaan sampingan kita. Jangan sampai kita akan mengeluh rugi karena tidak untung dan tidak balik modal dari pekerjaan sampingan yang kita lakukan. Kita perlu perhitungkan, apakah hasilnya sepadan dengan tenaga, modal, dan waktu yang kita keluarkan?

Pendapatan dari pekerjaan sampingan memang sulit untuk diprediksi, terlebih jika kita memilih membuka usaha sendiri. Nah, oleh karena itu kita perlu melakukan riset, kita membuat sebuah prediksi dan perhitungkan berapa banyak produk yang akan laku jika pangsa pasarnya demikian, tergantung situasi dan kondisi pasar yang kamu ketahui.

Jika kira-kira pekerjaan sampingan tersebut dari segi pendapatan tidak worth it, kita bisa memilih opsi pekerjaan sampingan lain yang lebih prospektif. Jadi kita memang harus teliti dalam memperhitungkannya.

4. Waktu berinteraksi dengan orang terdekat akan berkurang

Interaksi Dengan Orang Terdekat
Interaksi Dengan Orang Terdekat | Tribun Travel

Pekerjaan sampingan membuat kita harus mencurahkan waktu luang dengan tetap bekerja. Biasanya waktu luang, kita gunakan untuk menghabiskannya dengan kerabat dengan keluarga. Namun, jika kita melakukan pekerjaan sampingan, kita harus kehilangan itu.

Jika kita belum siap kehilangan waktu luang yang biasa kita habiskan bersama kerabat ataupun keluarga, artinya kita harus memilih pekerjaan sampingan yang lebih fleksible dan tidak memakan waktu banyak. Contohnya saja menjadi penulis lepas di sebuah website, atau berjualan online.

5. Kesehatan

Kesehatan
Jaga Kesehatan | IDN Times

Jam tidur kita bisa saja akan berkurang saat kita harus bekerja sampingan, hal itu tentu saja akan membuat tubuh kita jadi gak fit. Jangan sampai kita mengabaikan kesehatan tubuh kita akibat asyiknya melakukan pekerjaan sampingan.

Jika sudah demikian, akan percuma penghasilan yang kita dapatkan hanya untuk membayar biaya pengobatan. Perbanyak minum vitamin dan melakukan olahraga kecil, serta makan dan minum teratur, akan membuat kesehatan kita terjaga.

Referensi: IDN Times