Walaupun Sangat Haus, Jangan Sampai Meneguk Minuman Dengan Cepat dan Banyak

in
Jangan Meneguk Air Dengan Cepat Dan Banyak
Jangan Meneguk Air Dengan Cepat Dan Banyak

Ketika kita sedang merasa sangat haus, dan saat itu juga melihat air minum. Rasanya ingin sekali menenggak air minum itu dengan cepat dan banyak.

Akan tetapi kebiasaan ini harus dihindari lho. Walaupun terdengar sepele, namun meneguk minuman dengan cepat dan banyak sangat berbahaya bagi tubuh.

Lantas, bagaimana cara minum yang benar danbagaimana yang salah? Simak penjelasannya berikut ini.

Langsung menenggaknya

Diantara kalian yang membaca artikel ini pasti pernah menenggak minuman secara terburu-buru dan banyak, saat kalian sangat kehausan, bukan? Padahal, kebiasaan buruk ini tidak baik bagi tubuh.

Tubuh tidak akan bisa menyimpan cairan dengan baik. Kalau dirasakan memang haus itu akan hilang. Tapi meminum air dengan terburu-buru ternyata dapat menghilangkan khasiatnya bagi kesehatan.

Hiponetramia

Selain dapat menghilangkan khasiatnya bagi kesehatan, ternyata jika tubuh yang terlalu banyak diisi air akan membuat tubuh menderita keracunan air, loh. Isitilah medisnya dikenal dengan sebutan Hiponetramia.

Mengkonsumsi air yang terkesanterburu-buru akan membuat molekul air tidak dapat tersalur ke dalam darah, melainkan akan tersalur ke dalam sel yang lama kelamaan akan membuatnya membengkak.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Kebiasaan Sederhana ini Bisa Membuat Paru-Paru Sehat

Seorang ahli penyakit saluran pencernaan di Southern, Florida, bernama Leonard Smith, meskipun kita merasa sangat haus, jangan sampai menenggak air minum langsung dalam jumalh banyak.

Hal tersebut akan mengakibatkan tubuh akan sering mengalami buang air kecil, dan air yang barusan kita minum tadi akan terbuang langsung. Karena itu, tubuh akan tetap merasakan dehidrasi meskipun sebelumnya kita sudah minum yang banyak.

Jika kamu telah terkena dehidrasi, kamu akan merasakan berebagai efek akibat dehidrasi, seperti tubuh cepat lelah, tingkat kesadaran terganggu, dan kepala menjadi pusing.

Minum secara perlahan

Minum Secara Perlahan
Minum Secara Perlahan | via https://www.liputan6.com/

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi air secara perlahan. Kita dapat menyerap air dengan perlahan hingga kita merasa kebutuhan air tubuh telah terpenuhi.

Orang ahli mengatakan minumlah air dengan pelan-pelan dan tidak terlalu cepat, berikan jeda sebentar setelah tiga kali teguk.

Minum dengan perlahan adalah cara yang paling baik untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh kita.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.