6 Mitos Pelangi dalam Berbagai Budaya Dunia

Pelangi sering digambarkan sebagai penghubung antara manusia dan dunia gaib. Namun, sebenarnya, cerita tentang pelangi hanya merupakan mitos belaka.

3
0

Menjelajahi Mitos-mitos Pelangi yang Ada dalam Berbagai Kebudayaan di Seluruh Dunia.

Pelangi adalah keajaiban alam yang terjadi saat cahaya matahari memantul dan membelok ketika melewati tetesan air hujan atau kabut. Keindahannya dan keunikan fenomena ini membuat pelangi menjadi bagian dari mitos dan legenda di berbagai budaya di seluruh dunia.

Gambaran pelangi sering orang-orang kaitkan sebagai penghubung antara manusia dan dunia gaib. Namun, sebenarnya, cerita tentang pelangi hanya merupakan mitos belaka. Melalui ilmu pengetahuan, kita tahu bahwa pelangi sebenarnya merupakan hasil pantulan spektrum cahaya yang terlihat.

Setiap kali pelangi muncul, kita dapat melihat berbagai warna seperti merah, oranye, kuning, biru, hijau, dan ungu. Tetapi, bagaimana jika kita hidup di masa lalu yang jauh, bagaimana kita akan menjelaskan keberadaan pelangi dan darimana asalnya?

Baca Juga: Fakta Menarik Warna Pelangi, Terdiri Dari Jutaan Warna

Mitos tentang Pelangi di Berbagai Budaya

mitos pelangi
Kompas.com

Dalam berbagai budaya, terdapat beberapa cerita atau legenda yang berkaitan dengan pelangi.

1. Mitologi Nordik

Menurut informasi dari National Geographic, dalam cerita mitologi Nordik, ada sebuah pelangi dengan sebutan Bifrost yang menghubungkan antara Bumi dan Asgard, di mana para dewa tinggal.

Jembatan warna-warni Bifrost hanya dapat dilalui oleh dewa dan mereka yang meninggal dalam pertarungan.

Pelangi terbentuk setelah hujan dan merupakan fenomena alam yang menakjubkan.

2. Kepercayaan Kuno Jepang

Menurut kepercayaan kuno Jepang, pelangi merupakan jalur yang nenek moyang manusia gunakan untuk mencapai planet bumi.

Ame-no-ukihashi adalah sebuah jembatan yang menghubungkan antara langit dan bumi. Jembatan ini terkenal dengan sebutan Jembatan Terapung Surga karena diilhami oleh indahnya pelangi.

Ketika Dewa Izanagi dan Izanami menciptakan dunia, termasuk kepulauan Jepang, mereka berdiri di atas jembatan ini.

3. Kebudayaan Hindu

Dalam kebudayaan Hindu, pelangi yang berbentuk seperti busur panah sebutannya sebagai busur panah surgawi.

Dewa Indra memanfaatkan busur pelangi yang ia miliki untuk meluncurkan anak panah petir dan menghabisi nyawa Asura Vrta, makhluk ular jahat.

Baca Juga: 5 Fakta Teori Otak Kanan dan Otak Kiri, Dominan Otak itu Mitos!

4. Legenda Irlandia

Menurut informasi dari situs Rainbow Symphony, terdapat kekayaan yang tersembunyi di ujung setiap pelangi dan terjaga dengan penuh kewaspadaan oleh seorang leprechaun yang cerdik.

Ceritanya, ada sepasang suami istri yang bekerja sebagai petani dan dari situlah legenda itu bermula.

Seorang leprechaun menghukum mereka karena keserakahannya, dengan menyembunyikan harta yang mereka sangat ingin miliki di ujung pelangi, yang tidak bisa terjangkau oleh pasangan itu.

5. Mitologi Yunani Kuno

Dalam cerita rakyat Yunani kuno, pelangi melambangkan dewi Iris yang berperan sebagai penghubung antara dunia langit dan bumi.

Dalam cerita epik karya Homer yang berjudul Iliad, Iris merupakan makhluk berkepakan sayap yang memiliki peran khusus sebagai utusan dewa Zeus.

6. Legenda Naga China

Dalam kebudayaan China, naga sering mereka kaitkan dengan pelangi karena keduanya berada di antara langit dan bumi.

Dalam bahasa Cina, kata “hong” memiliki arti “pelangi”. Penggambaran karakternya sebagai naga berkepala dua dengan lengkungan di tengahnya yang menyerupai pelangi.

Baca Juga: Jejak Mitos Keberadaan Naga Melalui Perspektif Sejarah

Tinggalkan Balasan