Mengenal 5 Makhluk Mitologi Nordik

Makhluk legenda dari mitologi Nordik seringkali menjadi karakter dalam film-film fiksi. Mereka terlihat menyeram dan memiliki kekuatan besar.

5
0

Artikel ini akan mempelajari 5 makhluk mitologi Nordik.

Makhluk legenda dari mitologi Nordik seringkali menjadi karakter dalam film-film fiksi. Terdapat beberapa nama makhluk yang sering kali mendapatkan peran yang penting.

Makhluk legendaris dari mitologi Nordik memang memiliki karakteristik yang istimewa, sehingga tidak mengherankan jika banyak penulis yang terinspirasi untuk menciptakan tokoh-tokoh dalam cerita mereka.

Mereka terlihat menyeramkan pada pandangan pertama, ditambah lagi mereka memiliki kekuatan yang mampu membuat makhluk hidup lain menjadi tak berdaya.

Namun, makhluk-makhluk ini juga memiliki keterampilan yang bisa berguna dalam kehidupan.

Baca Juga: Kejatuhan Icarus dalam Mitologi Yunani, Keangkuhan Melampaui Batas Manusia

Makhluk Mitologi Nordik

Berikut adalah beberapa contoh nama makhluk mitologi Nordik.

1. Dwarf

dwarf
Ilustrasi Dwarf (Museo del Prado)

Dwarf seringkali hadir dengan penampilan yang unik. Mereka digambarkan sebagai makhluk dengan tubuh yang kecil atau pendek. Wajah mereka terlihat tua dengan jenggot yang panjang.

Mereka sangat akrab dengan kegelapan karena mereka hidup di dalam gua dan di bawah permukaan tanah. Dwarf memiliki kemampuan yang luar biasa dalam menemukan logam dan emas, serta mahir dalam menciptakan benda-benda berharga.

2. Fenrir

hewan mitologi nordik
Ilustrasi Fenrir (National Geographic Indonesia)

Fenrir adalah makhluk yang sering muncul dalam berbagai game, seperti Ragnarok. Makhluk ini memiliki penampilan serigala yang tangguh dan sulit untuk dikendalikan.

Fenrir terkenal karena kecenderungannya yang senang berburu dan melawan makhluk lain. Karena sifat ini, makhluk mitologi Nordik ini sering diikat.

3. Loki

makhluk mitologi nordik
Loki (National Geographic Indonesia)

Salah satu makhluk yang juga terkenal dalam mitologi Nordik adalah Loki. Dia adalah seorang dewa yang terkenal karena sifatnya yang cerdik dan ahli dalam menipu.

Loki juga suka melakukan pengkhianatan serta memanipulasi untuk mencapai kemenangan sendirian. Dia memiliki wajah yang memanjang dengan alis yang kuat.

Baca Juga: 5 Hewan Mitologi yang Populer di Tanah Sunda

4. Hel atau Hela

makhluk mitologi nordik
Ilustrasi Hel (Laros Media)

Hel atau Hela dikenal sebagai makhluk wanita dengan penampilan yang unik dan menyeramkan. Dia disebut sebagai ‘Dewi Kematian’ dan memiliki kekuasaan yang kuat tanpa memandang siapa pun.

Ia memiliki kekuasaan atas dunia roh yang penuh dengan entitas spiritual. Hel memiliki wajah yang indah dengan rambut panjang, dengan penampilan dua sisi yang berbeda, satu sisi berwarna putih dan sisi lainnya berwarna hitam.

5. Draugr

draugr
Ilustrasi Draugr (Portal dos Mitos)

Draugr adalah makhluk menakutkan dengan penampilan fisik yang mengerikan. Makhluk ini merupakan hasil perpaduan antara vampir dan zombie yang bertugas menjaga harta dari mayat-mayat.

Karena tugasnya itu, Draugr terkenal karena memiliki aroma yang busuk. Selain itu, kekuatannya tidak kalah dengan kekuatan para penyihir, yakni kemampuannya untuk melihat masa depan.

Mitologi ini adalah kepercayaan yang berasal dari orang-orang Eropa Utara. Dalam mitologi Nordik, ada dua dewa terkuat yaitu Thor dan Odin, yang memiliki kekuatan luar biasa.

Baca Juga:

Tinggalkan Balasan