5 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Mengkarantina Diri

in , ,
5 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Mengkarantina Diri
5 Cara Yang Harus Dilakukan Ketika Mengkarantina Diri

Sejak virus corona masuk ke Indonesia, kekhawatiran dirasakan oleh banyak orang terutama mereka yang baru kembali dari luar negeri. Selain itu, kekhawatiran akan paparan atau kontak langsung dari orang sekitar yang diduga sakit.

Self isolate bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah penyebaran virus corona kepada orang lain. Self isolate atau istilah mudahnya diisolasi atau dirumahkan secara umum berarti mengisolasi diri sendiri agar terhindar bersentuhan atau kontak dengan orang lain.

mengutip KBBI, isolasi adalah pemisahan suatu hal dari hal lain atau usaha untuk memencilkan manusia dari manusia lain.

melansir dari Guardian, saat self isolate, Anda harus tinggal di satu kamar dengan pintu tertutup.

1. Ukur suhu tubuh

Ketika masa isolasi, jangan lupa untuk mengukur suhu tubuh setiap dan mencatat. Hal ini dilakukan untuk melihat dan memperkirakan berbagai hal yang mungkin terjadi.

2. Cuci tangan

Aturannya mirip dengan yang berlaku untuk semua orang. Sering-seringlah mencuci tangan menggunakan sabun, dan air selama 20 detik lalu bilas dan keringkan sampai tuntas. Hindari menyentuh mata, hidung, dan mulu Anda dengan tangan yang tidak dicuci.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Ateisme Melanggar Sila Pertama? Kenali Lebih Dalam Tentang Ateis

3. Buang tisu dan barang yang telah diapakai pada tempatnya

Buang tisu bekas setelah batuk atau bersin ke dalam kantong plastik dan segera cuci tangan Anda dengan sabun dan air, dan keringkan sampai bersih.

Kantong plastik kemudian harus ditempatkan di kantong sampah kedua dan diikat. Jangan membuangnya atau mengeluarkannya untuk pengumpulan sampai Anda memiliki hasil tes, atau sampai karntina selesai.

4. Makanan dan kamar mandi

Jika makanan disiapkan oleh keluarga maka letakkan makanan di depan pintu kamar. Jika memasak sendiri makan setelah selesai bawa makanan ke kamar dan makanan di kamar. Gunakan kamar mandi terpisah dari orang lain. Jika berbagi maka pastikan membersihkannya secara menyeluruh dan teratur.

5.Tetap di rumah

Ini adalah hal yang jelas. Ketika self isolate, Anda tak boleh meninggalkan rumah kecuali untuk mendapat perawatan medis, gunakan masker.

Saat di rumah, hindari kunjungan dari teman-teman yang akan datang menjenguk. Anda harus benar-benar sendirian. Berkomunikasilah melalui hubungan online. Demikian pula dengan belanja. Memanfaatkan belanja online.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menghilangkan Stres, Frustasi dan Marah

Berikan Nilai Untuk Konten ini