Kasus Virus Corona Melonjak Hingga 100 Ribu Lebih

in ,
Kasus Virus Corona Melonjak Hingga 100 Ribu Lebih
Kasus Virus Corona Melonjak Hingga 100 Ribu Lebih

Korban meninggal akibat virus corona atau COVID-19 di seluruh dunia hingga Senin (9/03/2020) mencapai 3.827 orang, sementara jumlah kasus sebanyak 109.976 di mana 62.240 dinyatakan sudah sembuh dari virus corona.

Sebagian besar korban berasal dari China, khususnya di Wuhan, provinsi Hubei yang menjadi pusat penyebaran virus corona.

Dikutip dari situs pelaporan Worldometers, korban meninggal di China sebanyak 3.119 dengan total kasus mencapai 80.735.

Setelah China, kasus terbanyak ada di Italia yakni 7.375 kasus dan korban meninggal 366 orang. Setelah itu Korea Selatan dengan kasus 7.313 dan 50 orang meninggal dunia. Iran juga menjadi salah satu negara dengan kasus corona terbanyak yaitu 6.566 dan 194 meninggal.

Dikutip dari CNN, kasus virus corona di Amerika Serikat mengalami lonjakan hingga menembus anggka 550 per hari ini.

Menurut perhitungan CNN Health yang terdeteksi dan diuji melalui sistem kesehatan masyarakat Amerika Sebanyak sebanyak 480 kasus tersebar di 34 negara bagian dan distrik Colombia.

Sementara 49 kasus berasal dari warga Amerika Serikat di kapal pesiar Diamond Princess dan tiga warga Wuhan. Lalu sebanyak 21 pasien berasal dari kapal pesiar Grand Princess.

ARTIKEL TERKAIT •
Menkes Anjurkan Masyarakat Berdoa Agar Tidak Ada WNI Yang Terinfeksi Virus Corona

Selain Amerika Serikat, penyebaran virus corona di Italia juga mengkhawatirkan dengan lonjakan jumlah korban yang cukup drastis.

Kepala badan perlindungan sipil Angelo Borelli mengatakan Italia memesan 22 juta masker bedah untuk membantu menghentikan penyebaran virus ini. Italia juga mengisolasikan sekitar 15 juta orang di bagian utara, termasuk kota Venesia dan Milan, demi menahan penyebaran virus corona.

Meski begitu, pemerintah setempat tidak menjelaskan cara mencegah orang pergi dari lokasi-lokasi itu. Langkah-langkah pencegahan juga diberlakukan di seluruh negeri, termasuk penutupan semua museum dan monumen.

Kebijakan pemerintah untuk membatasi kontak antar-manusia terkait virus corona pun memicu kerusuhan di dalam penjara. Satu tahanan dilaporkan meninggal dunia.

AFP melaporkan bahwa narapidana di empat penjara, yakni di penjara-penjara di Naples Poggioreale, Modena, Frosinone, dan Alexandria, memberontak terhadap aturan baru terkait virus corona, yaitu melarang kunjungan keluarga.

Insiden tersebut menewaskan seorang narapidana, melukai dua sipir, membuat 20 orang staf lainnya dievakuasi. Penjara kini dijaga ketat oleh pihak polisi.

ARTIKEL TERKAIT •
811 Warga China Datang ke Indonesia Meski Ada Pelarangan Dari Pemerintah

Berikan Nilai Untuk Konten ini