Mandi Malam Tidak Menyebabkan Paru-Paru Basah

in
Mandi Malam Tidak Sebabkan Paru Paru Basah
Mandi Malam Tidak Sebabkan Paru Paru Basah | Credit Image: klikdokter

Paru-paru basah sering disebut juga dalam dunia medis efusi pleura. Efusi pleura merupakan gejala suatu penyakit. Pleura adalah selaput yang melapisi dinding rongga dada. Nah, paru-paru basah terjadi akibat kelebihan cairan di pleura. Lalu, benarkah mandi pada malam hari bisa menyebabkan penyakit ini? Berikut ulasannya buat Anda!

Paru-paru basah sendiri merupakan kondisi yang umum terjadi di Indonesia dan tidak menular dari satu ke orang lainnya. Biasanya lebih banyak terjadi pada wanita dibandingkan pria, dan bisa terjadi pada orang berusia berapa pun.

Gejala umum

Sering Batuk Dan Demam Awas Gejala Paru Paru Basah
Batuk kering merupakan salah satu gejala penyakit paru-paru | hellosehat

Terdapat beberapa gejala umum yang akan Anda alami jika Anda mengidap penyakit ini. Biasanya paru-paru yang kelebihan cairan tidak akan memberikan tanda atau sakit. Gejala-gejala umum yang mungkin akan terjadi sebagai berikut:

  • Batuk kering
  • Kesulitan bernapas ketika berbaring
  • Nyeri dada
  • Demam
  • Sesak napas

Benarkah mandi malam sebabkan paru-paru basah?

Mandi 20170926 155545
Mandi malam | Tribunnews

Hingga saat ini belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan bahwa mandi pada malam hari menyebabkan efusi pleura.

Udara malam lebih dingin dan menusuk, suhu udara juga cenderung lebih sejuk. Namun penyakit ini hanya bisa disebabkan oleh infeksi dan riwayat penyakit yang pernah diderita sebelumnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Alami Menyembuhkan Mata Minus

Memang benar udara dingin dapat membuat saluran pernapasan kering sehingga rentan terserang infeksi, tetap hal itu tidak cukup membuat seseorang mengalami apa yang kita sebut dalam medis efusi pleura tadi.

Daya tahan tubuh dan riwayat penyakit sebelumnya juga merupakan faktor penting terjadinya paru-paru basah pada seseorang.

Mandi pada malam hari justru baik

Selain memberikan kesegaran setelah beraktivitas, mandi di malam hari dapat membantu melancarkan sirkulasi darah untuk menjaga suhu tubuh ideal. Kebersihan tubuh terjaga dari bakteri, debu dan kotoran setelah beraktivitas di luar, membuat tidur akan lebih nyenyak sehingga Anda memiliki kualitas tidur yang baik.

Kualitas tidur yang baik akan membuat tubuh Anda terasa lebih segar dan berstamina setelah bangun. Dengan begitu, Anda akan bisa lebih optimal untuk memulai aktivitas kembali.

Berikan Nilai Untuk Konten ini