Penjara unik, Metode Mengubah Karakter Narapidana Dengan Merawat Kucing

in , ,
Penjara unik, Metode Mengubah Karakter Narapidana Dengan Merawat Kucing
Penjara unik, Metode Mengubah Karakter Narapidana Dengan Merawat Kucing

Hewan peliharaan bukan cuma bisa jadi sahabat kita, merawat hewan peliharaan juga bisa jadi sebuah metode penyembuhan. Keampuhan terapi kucing dan anjing sudah dikenal selama bertahun-tahun.

Hewan berbulu ini membantu kita mengurangi depresi dan kecemasan, meringankan rasa kesepian, meningkatkan suasana hati, bahkan bisa menurunkan tekanan darah. Namun, ada satu aspek lain lagi yang sering terlewatkan dari kemampuan hewan peliharaan ini, yaitu mengubah kehidupan seseorang. Terapi inilah yang diterapkan untuk para pidana.

Pada 2015 di negara bagian Indiana, Animal Protection League memulai program luar biasa di Pendleton Correctional Facility bernama F.O.R.W.A.R.D. Gagasan di balik inisiatif ini adalah untuk mengambil kucing dari tempat penampungan dan menempatkan mereka di fasilitas pemasyarakatan sehingga narapidana bisa merawat mereka. Program ini dengan cepat terbukti bermanfaat bagi kucing dan narapidana.

Banyak kucing yang berakhir di penampungan, sering memiliki sejarah panjang pelecehan dan penganiayaan, sehingga membuat mereka tidak dapat bersosialisasi dengan manusia. Seperti mudah menyerang dan agresif misalnya. Kucing ini kurang percaya pada orang dan memiliki, peluangnya lebih rendah untuk diadopsi.

ARTIKEL TERKAIT •
Sejarah Julukan Paman Sam Untuk Amerika

Yang mereka butuhkan adalah perawatan yang sabar dan penuh kasih sebelum mereka bisa menemukan tempat menetap selanjutnya dan program ini ada untuk mereka.

Kucing-kucing ini dirawat oleh tahanan, mereka yang memberi makan, membersihkan dan merawatnya, sehingga hewan menjadi lebih bisa bersosialisasi dan percaya kepada manusia. Selain itu, kucing bukan satu-satunya yang mendapat manfaat dari program ini. Narapidana juga mendapatkan kesempatan luar biasa untuk belajar cara merawat dan bertanggung jawab atas makhluk hidup.

“Saya memiliki narapidana yang memberi tau saya saat mereka mendapatkan seeokor binatang, itu adalah pertama kalinya mereka ingat bahwa mereka membiarkan diri mereka peduli pada sesuatu, dan mencintai sesuatu,” ujar direktur APL, Maleah Stringer.

Ini mengajarkan mereka tentang tanggung jawab, bagaimana berinteraksi dalam sebuah kelompok menggunakan metode tanpa kekerasan untuk menyelesaikan masalah dan memberi mereka cinta tanpa syarat terhadap hewan peliharaan. Inilah sesuatu yang tidak mereka sadari. Tulis APL di situs resmi mereka. Program hewan serupa tersebar luas di seluruh penjara Amerika Serikat.

ARTIKEL TERKAIT •
Tips Menjinakan Kucing Liar Dengan Mudah

Berikan Nilai Untuk Konten ini