OpiniPedia

3 Alasan Mengapa Berpikir Kritis Sangat Penting

Mempertanyakan dan mengeluhkan tentang banyak hal yang terjadi di sekitarmu, tapi berhenti tanpa menghasilkan solusi. Apakah itu yang dimaksud dengan berpikir kritis? Mengajukan pertanyaan, bahkan dengan menghentikan guru atau orang yang sedang menjabarkan penjelasan, sering disebut sebagai kritis.

Sebenarnya tak sesederhana itu. Lantas apa yang dimaksud dengan berpikir kritis itu? Sudahkah kamu berpikir dengan kritis? Dan apa saja manfaat dari berpikir kritis?

1. Kamu bisa Mengambil Keputusan yang Tepat pada Saat Diperlukan

Kalau kamu bisa berpikir jernih dan rasional tentang apa yang harus kamu yakini atau apa yang musti kamu lakukan, maka itu tandanya kamu bisa berpikir kritis.

Ada banyak hal sederhana dalam kehidupan sehari-hari yang bisa kita ambil contoh. Misalnya saja, saat ada temanmu sekelas yang pingsan dijam olahraga dan memerlukan bantuan hingga ke rumah sakit.

Disisi lain, ada ujian yang harus kamu ikuti dijam pelajaran berikutnya. Keputusan apa yang akan kamu ambil? Mana dari kedua hal ini yang kamu yakini lebih penting dan mendesak?

Bila kamu tidak mengikuti ujian konsekuensi apa yang akan kamu hadapi? Sanggupkah kamu mengambil risiko itu bila kamu akan mengantarkan temanmu ke rumah sakit? Pada akhirnya, kamu sendiri yang akan membuat keputusan. Dan keputusan yang baik tidak akan dihasilkan tanpa pikiran yang jernih.

1 2 3

What's your reaction?

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.