5 Langkah Cara Ampuh Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain

in
5 Langkah Cara Ampuh Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain
5 Langkah Cara Ampuh Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain

Mencintai diri sendiri berarti kita bisa menghargai, menghormati, dan memahami diri sendiri. Kita bisa lebih realistis serta jujur tentang kekurangan dan kelebihan yang dimiliki, sehingga bisa menjadi diri sendiri dengan nyaman.

Ada begitu banyak hal tidak terduga yang terjadi diluar kendali kita sehingga menggoyahkan cinta diri sendiri, lalu apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mencintai diri sendiri dan membangun hubungan yang baik dengan diri sendiri?

Nah simak baik-baik 5 hal mudah dan mendasar supaya bisa memberikan cinta pada diri sendiri.

1. Memaafkan kesalahan

Everybody makes mistakes, istilah tersebut sering kita dengar untuk menggambarkan bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Kita sering melakukan kesalahan dalam berbagai hal termasuk keuangan dan percintaan.

Rasanya memang nggak enak banget ketika sadar bahwa kita salah ambil langkah, setelah sadar kamu membuat kesalahan maka langkah tepat selanjutnya adalah memaafkan dirimu.

Namun juga harus berkomitmen untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama. Percayalah, dengan memaafkan diri sendiri maka kamu sudah selangkah lebih maju dari ‘dosa’ itu.

ARTIKEL TERKAIT •
Bimbel Jadi Trend, Tugas Guru Hanya Beri Nilai Rapor?

2. Utamakan diri sendiri

Kalau kamu percaya astrologi, zodiak pisces dan cancer biasanya punya karakter yang mementingkan orang lain sebelum dirinya, sehingga lupa untuk peduli dengan diri sendiri.

Bagaimanapun sikap mengutamakan perasaan kepentingan sendiri ini bisa terasa susah bagi siapap pun yang punya kecenderungan tersebut. Yakinkah bahwa ini bukan hal yang salah bahwa kamu juga perlu ruang, perlu waktu, serta perlu tenaga dan emosi untuk mengurus kebahagiaan sendiri dulu sebelum menyelamatkan orang lain.

3. Kenali kekuatan diri

Memang lebih mudah untuk fokus kepada kekurangan diri dan apa kata orang (sisi negatif) soal diri ketimbang percaya diri sepenuhnya.

Namun, tidak ada orang yang terlahir tanpa potensi. Setiap individu memiliki kelebihannya masing-masing yang bisa terus diasah sepanjang hidup hingga menjadi sumber kekuatan.

Terima saja betis besar atau tubuh kamu yang dipandang tidak ideal oleh orang lain, tetapi justru kamu adalah sosok orang yang pendapatannya selalu didengarkan, misalnya dalam hal fashion, karier, atau nasihat bisnis.

ARTIKEL TERKAIT •
Apa Yang Akan Terjadi Jika Es Di Kutub Utara Dan Selatan Mencair?

Ketika orang lain percaya, berarti disitulah kekuatanmu.

Berikan Nilai Untuk Konten ini