4 Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan Agar Aman

in
4 Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan Agar Aman
4 Tips Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan Agar Aman

Saat hujan, sebagai pengendara sepeda motor harus berhati-hati saat melintasi jalan yang basah. Karena jika kita lalai, kemungkinan besar akan menyebabkan tergelincir atau sampai kecelakaan yang mengancam keselamatan jiwa.

Manager Public Relations YRA Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) Antonius Widiantoro mengatakan, kepada para pengendara sepeda motor untuk terhindar dari potensi bahaya untuk menjaga diri sendiri dan tentunya juga orang lain.

Antonius juga memberikan sejumlah tips bagi pengendara jika mengendarai sepeda motor saat hujan. Tips ini tentunya juga berlaku bagi pengendara kendaraan roda empat, seperti mobil, truk, atau bus.

Baca Juga: Sengaja Menghalangi Ambulans Lewat Di Jalan? Ini Sanksi Yang Akan Diterima

1. Mengatur Rem

Mengatur Rem
Mengatur rem | Revzilla.com

Tips pertama untuk mengendarai sepeda motor saat hujan yaitu mengatur penggunaan rem. Kita harus melakukan pengereman dengan pelan atau tidak langsung disentak. Karena saat kondisi jalan yang basah, daya cangkram roda terhadap permukaan jalan yang basah jadi berkurang.

Yang tak kalah pentingnya, kamu harus mengecek apakah komponen rem yang digunakan masih layak digunakan atau tidak. Jika tidak, kamu harus menggantinya dengan yang baru agar kecelakaan tidak menimpamu.

ARTIKEL TERKAIT •
Viral Video Motor Tua Menerjang Banjir yang Tingginya Sepaha

2. Menjaga jarak lajur jalan

Menjaga Jarak Jalan
Menjaga jarak jalan | Motorbikewriter.com

Yang tak kalah pentingnya saat mengendarai kendaraan di jalan umum yaitu menjaga jarak. Tak peduli saat situasi jalanan basah atau tidak. Dan tak peduli itu sepeda motor ataupun mobil.

Dengan menjaga jarak, kita dapat terhindar dari kendaraan yang mengerem secara tiba-tiba. Apalagi saat kondisi jalanan basah, ditambah lagi daya cangkram terhadap permukaan jalan yang berkurang. Risiko terjadinya kecelakaan dapat terhindarkan.

Karena itu, kamu harus mengatur kecepatan kendaraan dan disesuaikan dengan kendaraan yang berada di depan.

Baca Juga: 4 Komponen Utama Di Mobil Yang Harus Dipastikan Prima Saat Musim Hujan

3. Menggunakan perlengkapan yang dibutuhkan

Menggunakan Perlengkapan
Menggunakan perlengkapan | Cnnindonesia.com

Sangat penting untuk menggunakan perlengkapan berkendara saat kondisi hujan, seperti helm, jas hujan, sepatu, atau kalau perlu sarung tangan. Perlengkapan tersebut sangat berguna agar dapat terhindar dari risiko kecelakaan.

Disarankan untuk menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan standar nasional Indonesia. Seperti jas hujan yang lengkap dengan setelan jas dan celana. Lalu helm dengan warna cerah supaya dapat melihat pengendara lainnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Jlebb, Debt Collector Ini Hendak Menarik Motor Milik TNI AD, Salah Target

Yang tak kalah pentingnya gunakan sepatu yang berbahan dasar karet untuk melindungi kaki agar tidak terpeleset jika membutuhkan bantuan pijakan ketika berhenti atau menanjak.

4. Rutin melakukan perawatan

Mengendarai Sepeda Motor Saat Hujan Melakukan Perawatan
Melakukan perawatan | detik.com

Perawatan terhadap kendaraan sangat penting untuk dilakukan. Hal ini berguna untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan dalam berkendara di jalanan basah. Pastikan kondisi ban tidak botak, rem harus cakram, lampu dan klakson aman, serta bagian-bagian mesinnya.

Perhatikan juga bagian body kendaraan, karena jika body motor renggang, akan menyebabkan masuknya air sehingga dapat membuat motor jadi mogok.

Baca Juga: Apakah Berada Di Dalam Mobil Saat Ada Petir, Berbahaya?

Meskipun kamu sudah mahir atau jago mengendarai sepeda motor, namun tidak ada salahnya untuk tetap selalu berhati-hati. Karena kondisi jalanan yang licin, segala kemungkinan buruk bisa saja terjadi.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.