4 Komponen Utama di Mobil Yang Harus Dipastikan Prima Saat Musim Hujan

in
Unnamed
Unnamed

Berikut adalah 4 komponen utama di mobil yang harus dipastikan dalam kondisi prima di musim hujan ini.

Bagi sebagian area Jabodetabek saat ini, musim hujan kembali melanda. Dan tentunya bagi kita-kita yang kerap berkendara mobil, tentunya harus memastikan seluruh kondisi mobil selalu dalam kondisi prima di musim penghujannya ini.

Hal ini tentunya juga agar kita bisa terhindar dari marabahaya / kecelakaan selama berkendara di tengah derasnya guyuran hujan atau bahkan banjir besar yang melanda.

Nah untuk memastikan seluruh keadaan mobil tetap prima dalam musim hujan ini, alhasil kita harus memastikan komponen-komponen di mobilnya untuk selalu dalam keadaan oke.

Namun dari seluruh komponen-komponen mobilnya, berikut adalah 4 komponen utama  di mobil yang harus selalu dipatikan ke-primaan nya tersebut.

1. Wiper

Tak dipungkiri komponen utama mobil yang pertama kali banget harus selalu diperiksa adalah pengelap kaca mobil depan aka wiper.

Karena ya komponen inilah yang vital fungsinya di saat musim hujan sekarang ini. Tampa wiper, bisa dipastikan visibilitas kita ketika menyetir mobilnya, akan benar-benar tidak terlihat.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Benar Membuka Kaca Mobil Akan Membuat BBM Jadi Boros?

Dan gampang kok untuk memastikan kondisi prima-nya. Pokoknya kalau sudah melihat karet wiper keras banget, langsung diganti. Lalu jangan lupa juga untuk memastikan air penyimpanan wiper selalu terisi penuh atau setidaknya gak kosong-kosong banget.

2. Ban

Ban / roda mobil adalah komponen mobil yang vital. Tanpa komponen ini, mobil tidak akan bisa berjalan. Nah di saat musim hujan, perawatan pada ban mobil harus ekstra banget.

Pasalnya, ketika musim hujan jalanan menjadi basah dan benar-benar licin. Apabila ban mobil bermasalah, bisa dipastikan akan meningkatkan resiko kecelakaan di jalan. Tentunya kita tidak ingin demikian bukan?

Oleh karenanya, pastikan banget agar selalu mempompa ban yang terlihat sudah mulai mengempes dan juga, menggantinya dengan ban baru kalau sudah terlihat gundul.

3. Rem

Tanpa adanya rem, tentunya akan mustahil banget bagi kita untuk menghentikan laju mobil. Dan apabila kita gak bisa menghentikan alju mobil, tentunya kecelakaan tidak aka bisa terhindarkan.

Oleh karenanya, sellau perika kampas rem dan juga, volume minyak pada rem agar tidak mengalami kebocoran mendadak.

ARTIKEL TERKAIT •
Mobilnya Dicoret-Coret Oleh Anaknya, Orangtua Malah beri Dukungan

4. Kelistrikan Mobil

Nah ini komponen utama mobil yang gak kalah pentingnya untuk selalu dicek di musim hujan ini.

Kelistrikan disini tentu bukan hanya memeriksa seluruh kabel-kabel dalam mobilnya saja, tapi juga lampu-lampu mobilnya (taillight, sen, dll). Tentunya lampu yang sellau menyala baik, akan bisa membuat kita melihat lebih jelas di jalan.

Sehingga, kitapun terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Nah itulah tadi 4 komponen utama mobil yang harus dipastikan prima kondisinya di saat musim hujan ini. Semoga tips-nya bermanfaat.

Berikan Nilai Untuk Konten ini