5 Cara Mendinginkan Ruangan Tanpa AC

in
5 Cara Mendinginkan Ruangan Tanpa AC
5 Cara Mendinginkan Ruangan Tanpa AC

Indonesia adalah negara yang terkenal akan panasnya karena berada di area tropis dan dilewati garis khatulistiwa. Rumahmu di siang hari dipastikan bagai neraka jika tidak memiliki air conditioner (AC) Apalagi jika kamu perlu untuk di rumah saja seharian, atau harus WFH alias work from home Padahal menggunakan air conditioner terus menerus juga tidak baik-baik amat untuk kesehatanmu.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mendinginkan rumahmu secara alami tanpa menggunakan air conditioner Jika kamu bertanya kenapa teknik-teknik ini mampu menurunkan suhu ruangan, itu karena teknik yang ditunjukkan dalam daftar ini didasari oleh ilmu sains.

1. Tutup gorden

Hal yang umum tentang hal ini, tapi apakah kamu tahu penjelasan ilmiahnya? Ketika kamu membuka jendelamu dengan kondisi tirai dan gorden tertutup, sebenarnya kamu telang menghindari efek rumah kaca.

Hampir 30 persen panas datang dari kaca jendela, jadi dengan menutupnya lewat gorden dan tirai, panas tersebut akan memantul keluar dan menjaga rumahmu bersuhu rendah.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Langsung BAB Setelah Makan Bisa Bikin Kurus?

2. Membuka jendela dan pintu

untuk membiarkan sirkulasi udara berjalan di dalam rumahmu. Namun tidak serta merta semua pintu dan jendela dibuka. Pintu dan jendela yang sekiranya bakal membuat keluar angin serta terkena sinar matahari secara langsung perlu ditutup agar angin tersebut berkutat di dalam ruangan yang diinginkan.

Sebagai contoh kamu menginginkan ruangan tengahmu yang sejuk, maka kamu harus membuka pintu dan jendela yang berhubungan dengan luar dan menutup pintu yang menghubungkannya dengan ruangan lain.

3. Semangkuk es depan kipas

Jika kamu punya kipas listrik di rumahmu, cobalah untuk menaruh air es di depannya saat menyalakannya . Ini akan membuat kipas meniup halimun dingin dari air es yang menguap tersebut ketimbang hanya memutar ulang udara hangat.

4. Pasang kipas memutar secara berlawanan dari arah jarum jam

Terdengar aneh memang, tapi inti untuk membuat rumahmu dingin adalah membuang udara panas keluar. Ketimbang memutarnya searah jarum jam yang malah memasukkan udara hangat, lebih baik kamu memutarnya terbalik dengan tujuan udara tersebut keluar.

ARTIKEL TERKAIT •
Tudingan MSG Dalam Masakan China, Benarkah MSG Berbahaya?

5. Memiliki tanaman dalam ruangan

Kamu sudah diajarkan ini sejak SD bahwa tumbuhan mengeluarkan oksigen di siang hari dan hal itu benar-benar mampu membuat sejuk rumahmu.

Bahkan beberapa tumbuhan seperti kaktus dan bromeliad mendapatkan air dari udara. Itu berarti tumbuhan ini mampu menyingkirkan kelembapan dari udara yang ada dalam rumahmu dan membuatnya lebih sejuk.

Berikan Nilai Untuk Konten ini