Hewan-hewan Yang Sudah Punah Namun Masih Jarang Diketahui

in
Hewan-hewan Yang Sudah Punah Tahun Ini
Hewan-hewan Yang Sudah Punah Tahun Ini

Menurut World Wide Fund of Nature (WWF) setiap tahun ada sekitar 10.000 spesies hilang selamanya dimuka bumi.

WWF menyatakan sulit untuk tau berapa jumlah pastinya karena kita juga tak tau berapa sebenarnya jumlah spesies yang ada di muka bumi ini.

Berikut ini hewan-hewan yang pernah hidup di muka bumi ini namun sudah tidak bisa dilihat lagi sekarang.

Quagga (Afrika Selatan)

Keindahan hewan ini menjadi salah satu alasan kepunahannya, bagian depan tubuh hewan ini belang seperti zebra dan memudar dibagian belakang yang polos berwarna coklat seperti kuda.

Mereka diburu hingga punah oleh pemburu yang menjual tampilan unik hewan ini, Quagga terakhir mati dalam kurungan pada tahun 1880-an.

Rusa besar Irlandia (Irlandia)

Banyak hewan yang sudah punah mirip dengan spesies yang kita kenal sekarang, tapi lebih unik. Misalnya seperti Mammoth yang mirip gajah, dan yang berbeda adalah bulu yang lebat dan gading sangat panjang.

Rusa besar Irlandia (Megaloceros giganteus) terlihat sangat mirip dengan rusa yang masih hidup sekarang, bedanya tinggi rusa bisa mencapai 2 meter dengan tanduk membentang hingga 3,65 meter.

ARTIKEL TERKAIT •
Tujuan Kucing Menjulurkan Lidahnya

Hewan ini punah 7.700 tahun lalu diduga akibat perpaduan antara perburuan dan perubahan iklim.

Monyet Merah – Red Colobus (Ghana dan Pantai Gading)

Monyet berukuran sedang ini baru saja dianggap punah sejak awal tahun 2000-an.

Hewan ini temukan di perbatasan Ghana dan Pantai Gading, dan merupakan spesies yang luar biasa karena mereka tak punya jempol.

Hewan ini biasanya hidup dalam kelompok bear di atas kanopi pepohonan yang tinggi, dan mereka harus mengubah cara bertahan karena penebangan hutan oleh manusia.

Karena kelebatan hutan berkurang, gerombolan mereka menjadi terlalu kecil, akibatnya monyet merah lebih lemah dalam menghadapi pemangsa, dan mengalami kelemahan genetik akibat perkawinan sedarah.

Dodo – Burung tidak bisa terbang (Mauritius)

Burung yang tidak bisa terbang ini pernah hidup di pulau Mauritius, tanpa ada pemangsa alami mereka, ketika manusia tiba di Mauritius membawa hewan karnivora bersama mereka, dodo tak bisa bertahan.

Tercatat, dodo terakhir ada di muka bumi pada akhir abad ke 17.

Berikan Nilai Untuk Konten ini