SejarahPedia

Benarkah Orang Sunda Tidak Boleh Menikah dengan Orang Jawa?

Indonesia memiliki ragam suku di dalamnya. Salah satu suku terbesar di Indonesia sendiri adalah Jawa. Kita bisa menemukan suku Jawa di berbagai belahan Indonesia. Hal ini karena pada saat penjajahan Belanda, warga asli Jawa ditransmigrasikan ke seluruh wilayah untuk dipekerjakan secara paksa pada waktu itu.

Tidak heran bahwa saat ini kamu bisa menemukan suku Jawa hampir di seluruh kota Indonesia. Hal ini pun secara tidak langsung membuat suku Jawa terhubungan dengan suku-suku lainnya yang juga asli Indonesia.

Tidak mustahil juga bahwa orang dari suku Jawa akhirnya membangun rumah tangga dengan menikahi suku-suku asli dari wilayah tersebut. Namun, apakah kamu pernah mendengar jika orang Jawa tidak boleh menikahi orang Sunda? Mari kita bahas lebil detail terkait hal ini.


Awal mula kenapa orang Jawa tidak boleh menikahi orang Sunda

Benarkah Orang Sunda Tidak Boleh Menikah Dengan Orang Jawa
Perang Bubat | Ilustrasi

Mitos ini bermula dari Hayam Wuruk seorang raja keempat Majapahit hendak menikahi Dyah Pitaloka Citraresmi dari Negeri Sunda, dikutip dari buku History of Majapahit. Namun, kisah cinta kedua bangsawan ini malah membawa tragedi perang antara Majapahit dan Sunda.

Raja Sunda yang datang ke Bubat bersama dengan permaisuri dan putri Dyah Pitaloka mendapati sebuah kesalahpahaman. Kedatangan ini disalah artikan oleh Patih Gajah Mada yang menganggap bahwa Kerajaan Sunda menyerahkan diri dan mengakui bahwa mereka adalah bagian dari Kerajaan Majapahit.

Kesalapaham antara Sunda dan Majapahit

Benarkah Orang Sunda Tidak Boleh Menikah Dengan Orang Jawa
Gajah Mada | Media Indonesia

Kesalahpahaman ini membuat perang Bubat terjadi dan menyebabkan Raja Sunda, Linggabuana gugur beserta keluarganya. Kerajaan Majapahit sendiri dulu bertujuan untuk menguasai seluruh wilayah Nusantara sebagai wilayahnya.

Hal inilah yang menjadi alasan kenapa kerajaan Majapahit suka melakukan perang untuk menaklukan wilayah. Pangeran Niskalawastu Kancana pun ditetapkan sebagai penerus takhta setelah mengetahui bahwa ayahnya telah gugur.

Kejadian ini membuat Pangeran Niskalawastu Kencana memutuskan hubungan diplomatik dengan Majapahit sekaligus mengeluarkan larangan untuk kalangan orang Sunda menikah dengan orang diluar wilayah mereka.

Aturan inilah yang kerap diartikan oleh masyarakat. Yang mana orang Sunda tidak boleh menikahi orang Jawa. Hal ini dilakukan atas perintah Pangeran Niskalawastu Kancana atas kesedihannya kehilangan keluarga tercinta di tangan Majapahit.


Jadi, apakah orang Jawa benar-benar tidak boleh menikahi orang Sunda? Tentu tidak. Hal ini tergantung kedua pihak keluarga masing-masing. Sampai sekarang, banyak orang Jawa yang menikahi orang Sunda.

Related Posts

Halo Pembaca Bebaspedia! Izinkan kami mengirimkan notifikasi berita terbaru untuk kamu Nanti IZINKAN