TeknopediaDuniaNewspedia

Fuchsia, Sistem Operasi Baru Milik Google Pengganti Android

Google saat ini sedang mengembangkan sistem operasi baru yang akan menggantikan peran Android saat di masa depan Android sudah tidak mampu lagi bersaing. Sistem baru itu dinamakan Fuchsia.

Tak jauh berbeda dengan sistem operasi Android, Fuchsia nantinya akan datang dengan sebagai sistem operasi open source.

Berita kemunculan sistem operasi baru milik Google ini diketahui saat situs fuchsia.dev mempost sebuah laman cara pengembangan sistem operasi nya. Saat berita ini diterbitkan, Fuchsia masih dalam tahap pengembangan.

Didalam situs fuchsia.dev tersebut memuat sebuah laman bagaimana sistem operasi itu berkerja. Berbeda dengan sistem operasi Android yang mengusung kernel Linux sebagai ‘nyawa’nya. Fuchsia memakai microkernel Zickon yang sebelumnya bernama Magenta.

Google memastikan dengan munculnya Fuchsia ini bukan berarti akan mematikan Android ataupun Chrome.

“Kami saat ini sedang mempelajari dan terus bereksperimen apa yang masih dibutuhkan pengguna. Mungkin saat ini orang-orang akan heboh dengan munculnya Fuchsia ini dan mengatakan ‘Inikah model baru dari Android’ atau ‘Chrome memperbarui OS nya’.” Terang Google yang dikutip dari GSM Arena.

“Fuchsia berbeda dengan Android dan akan lebih. Fuchsia adalah sistem operasi masa kini dan dikembangkan untuk bisa disematkan untuk brand atau produk lain.” Lanjut Google.

Sebelum ditemukannya situs Fuchsia yang ada di fuchsia.dev, beberapa orang pernah menemukan sebuah kode misterius yang muncul di Github pada pertengahan tahun 2016. Tapi saat itu Google belum berani komentar dan belum mau merilis pengumuman resmi terkait Fuchsia.

Related Posts