menu
Bebaspedia.com
Bebaspedia.comNewspediaKoplak, Buku Yasin Dicetak dengan Nama dan Foto Wajah Tukang Hutang

Koplak, Buku Yasin Dicetak dengan Nama dan Foto Wajah Tukang Hutang

Koplak, Buku Yasin Dicetak Dengan Nama Dan Foto Wajah Tukang Hutang
Koplak, Buku Yasin Dicetak Dengan Nama Dan Foto Wajah Tukang Hutang

Cara yang unik untuk menagih hutang

Memang kalau berurusan dengan duit akan membuat orang menjadi sensitif. Terlebih lagi jika berkaitan dengan masalah hutang. Karena yang namanya hutang itu harus dibayar sesuai dengan tanggal dan jumlah yang ditentukan yang disepakati antara peminjam dan pemberi hutang. Akan tetapi, malah sering kita mendengar saat ditagih, penghutang itu malah lebih galak dari yang menagih.

Baru-baru ini, sebuah kisah yang menceritakan seorang wanita yang kabur saat ditagih untuk membayar hutang menjadi viral di media sosial. Uniknya, penagih hutang ini menggunakan cara yang mainstream untuk menagih hutangnya.

Membuat buku Yasin si tukang hutang

Melalui unggahan akun Facebook Jeanis Dealova, ia membagikan foto buku Yasin dan membuat foto penghutang menjadi buku sampulnya. Terlebih lagi, wanita itu juga mengirimkan buku Yasin tersebut kepada keluarga si penghutang.

Tukang Hutang Dibuatin Buku Yasin
Tukang hutang dibuatin buku Yasin (Facebook/Jeanis Dealova)

Jenias Dealova menguggah foto buku Yasin si penghutang di grup Facebook SGD Pencarian Orang ‘Lupa Gak Bayar Hutang’. Dalam postingannya, Jeanis menjelaskan bahwa ia meminjamkan uang kepada seorang wanita bernama Nuril Lailatul.

ARTIKEL TERKAIT •
Gak Mau Ketinggalan Sinetron Ikatan Cinta, Ibu yang Jual Seblak ini Sampai Lupa Kasih Ini

Berdasarkan hasil tangkapan layar postingan tersebut, alasan Nuril meminjam uang kepada Jeanis adalah untukmembiayai pengobatan adiknya. Akan tetapi, hingga batas waktu yang ditentukan, Nuril belum juga melunasi hutangnya dan malah pergi menghilang.

Karena itulah, Jeanis akhirnya memutuskan untuk mengunggah postingan di Facebook dalam bahasa Jawa setelah akun media sosialnya diblokir. Mengutip dari Kumparan, berikut arti dari postingan tersebut.

Selamat malam kakakku sayang, semua anggota grup…. Siapa saja yang kenal dengan Nuril Lailatul. Tolong jangan beri tahu saya. Kenapa orang yang hidup begitu cepat, Facebook diblokir, WhatsApp diblokir, bukannya kuda. Uang $ 610 x2 deposit. Saya urus urusan anda jika anda bersama saya, itu akan menjadi tanggung jawab anda di akhirat. Aku akan memberimu $ 1200 dolar, tapi jangan anggap menghabiskan uang temanmu akan menjadi berkah….. Nikmati bisnismu dengan Suci Mutiara,,, siapa lagi, mumpung belum boking ☘️ Yasin ☘️….. saya posting ini di grup desamu, saya kirimkan keluargamu….” tulis akun Facebook Jeanis Dealova (22/3/2021).

Selain mengunggah foto wajah si penghutang yang menggunakan kerudung berwarna coklat, Jeanis juga menambahkan nama lengkap di bagian sampul buku Yasin. Setelah itu, Jeanis akan mengirimkannya ke pihak keluarga Nuril.

ARTIKEL TERKAIT •
Pria ini Sampai Pasang Paku di Jok Motornya Karena Dituduh Sering Boncengin Cewek Lain

Komentar warganet

Sontak saja, unggahan tesebut langsung menarik perhatian banyak warganet. Berbagai komentar pun dituliskan oleh warganet. Ada yang terhibur dengan hal yang dilakukan oleh Jeanis, dan ada juga menyalahi prilaku Nuril yang kabur dari hutangnya.

Good idea ndu,” tulis akun Ariya Hossain.

“Wong sing duwe tanggungan di dunia apalagi utang jangan harap mencium baunya surga. Amalan pun nggak bakal cukup karena ini urusan manusia sama manusia jadi yang punya tanggungan mumpung masih bernafas lunasi walaupun dirimu sampai ngesot,” kata Santi Sudarti.

Terakhir bales chatting kapan? Barang kali emang sudah meninggal,” komentar Cuah Lengosz.

Add comment