Fakta Unik Film Parasite, Scene Pelipat Kotak Pizza Diambil Dari YouTube

in
Fakta Unik Film Parasite, Scene Pelipat Kotak Pizza Diambil Dari YouTube
Fakta Unik Film Parasite, Scene Pelipat Kotak Pizza Diambil Dari YouTube

Ternyata scene di film Parasite bagian seorang pegawai pizza yang memperlihatkan bagaimana cara tercepat melipat kotak pizza adalah sebuah scene yang diambil dari video YouTube bernama Breanna Gray.

Rekaman berdurasi 51 detik itu mempertontonkan perempuan 19 tahun yang melipat sembilang kotak pizza dengan sangat cepat di sebuah restoran di barat Ottawa. Diunggah pada tahun 2015, videonya mendadak terpotong adik laki-laki Breanna yang membalikkan kamera dan berbicara bahwa kakaknya membuat kotak pizza.

Breanna sudah lama berhenti dari pekerjaan melipat kotak pizza, ketika menemukan video tadi di komputernya. Dia memutuskan untuk mengunggahnya ke YouTube. Namanya juga internet, video tersebut ditonton jutaan kali dalam hitungan minggu.

Breanna menjadi bintang dadakan. Dia diwawancara Ottawa Sun dan dibahas dalam Canadian Pizza Magazine – majalah ini sungguh ada. Perempuan itu bahkan hampir diundang Ellen DeGeneres.

Popularitasnya lama-kelamaan menurun. Orang-orang mulai melupakan “Pro Pizzaboxer – Super fast pizza box making”.

Breanna sendiri sudah lupa kalau dia masih menjadi tukang lipat kotak pizza di internet. Lalu beberapa tahun kemudian, Breanna menerima email dari rumah produksi Korea Selatan. Mereka meminta izin untuk menggunakan video Breanna dalam sebuah film.

ARTIKEL TERKAIT •
Siapa Bilang Janda Hidupnya Selalu Susah, Kehidupan Janda Satu Ini Malah Kebalikannya

“Mereka menjelaskan videonya mau digunakan untuk apa,” ujar Breanna kepada VICE. “Filmnya menceritakan keluarga miskin yang mencari uang dengan melipat kotak pizza seperti orang barat. Saya tidak tau siapa sutradaranya, dan akan sebesar apa filmnya.”

Film itu rupanya Parasite dan disutradarai Bong Joon-ho. Mahakarya Bong Joon-ho kini menyabet 4 piala oscar, termasuk best picture dalam acara Academy Awards ke-92.

Breanna muncul di bagian awal film, ketika keempat anggota keluarga Kim belajar melipat kotak pizza.

“Coba tonton video ini, deh,” ujar sang putra Ki-woo seraya memutar videonya dari ponsel. “Pekerjaan kita bisa selesai hari ini kalau bisa secepat dia. Habis itu, kita bisa dapat uang,”

Breanna mengatakan diberi sejumlah uang untuk video tadi. “Saya menerima kompensasi,” ujarnya. “Saya menyebutkan nilainya, dan baru menerima uang itu beberapa bulan kemudian.”

Popularitas Breanna kembali naik. Kolom komentar di videonya penuh bahasa Korea, dan orang-orang yang mengumumkan “Parasite brought me here”. Pada hari Senin setelah Parasite memenangkan Oscar, dia mengunggah video kedua melipat kotak pizza.

Berikan Nilai Untuk Konten ini