Video Tradisi Ontalan di Lumajang, Pengantin Wanita ‘Dilemparkan’ Uang

in
Video Tradisi Ontalan Di Lumajang, Pengantin Wanita 'dilemparkan' Uang
Video Tradisi Ontalan Di Lumajang, Pengantin Wanita 'dilemparkan' Uang

Indonesia merupakan negara yang kaya akan tradisi dan budaya di tiap daerahnya. Dan masyarakat yang tinggal di daerah tersebut, selalu melestarikan tradisi nenek leluhur mereka yang telah turun temurun selalu dilakukan. Termasuk tradisi dalam melaksanakan upacara pernikahan.

Baru-baru ini beredar sebuah video yang kemudian jadi viral di media sosial. Video tersebut memperlihatkan seorang pengantin wanita yang sedang duduk di atas sebuah kursi dan ‘disawer’ oleh anggota keluarganya.

Tradisi Ontalan

Ternyata pernikahan yang dilakukan tersebut menggunakan tradisi Ontalan. Dimana tradisi ini adalah serangkaian acara pernikahan adat Madura yang masih kental bagi masyarakat di Kecamatan Klakkah, Lumajang, Jawa Timur.

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @ibumariyana, pada Rabu (20/1/2021). Dijelaskan kalau tradisi unik tersebut dilakukan di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Baca Juga: Pria Ini Datang Ke Pernikahan Mantannya, Diberi Pelukan Terakhir, Respon Suaminya Tak Terduga

Kata Ontalan sendiri dalam bahasa Madura diartikan sebagai ‘dilemparkan’. Dimana tradisi ontalan ini sudah tak asing lagi dilakukan oleh masyarakat di sana.

ARTIKEL TERKAIT •
Demi Masa Depan, Inilah Macam-Macam KB yang Harus Kamu Ketahui
Tradisi Ontalan Di Lumajang
Foto: TIkTok/@ibumariyana

Terlihat mempelai wanita lengkap dengan dress pengantin sedang duduk di sebuah kursi. Ia tampak memegang sebuah wadah yang ditutup menggunakan kain berwarna putih.

Sementara itu, satu persatu anggota keluarga menaruh uang di atas wadah yang telah disediakan. Akan tetapi, uang tersebut ditaruh dengan cara yang tak biasa. Yaitu dilakukan dengan melemparkan langsung ke wadah sambil mengirim doa.

Banyak sanak saudara yang mengikuti tradisi ontalan ini, mereka tampak melemparkan uang dengan nominal 10 ribu sampai 100 ribu.

Baca Juga: Calon Suami Kabur Di Hari Pernikahan, Mempelai Wanita Ini Menikah Dengan Tamu Undangan

Mendapat beragam komentar

Hingga saat ini Kamis (04/2/2021), video pernikahan yang menggunakan tradisi ontalan ini telah dilihat lebih dari 1,8 juta tayangan dan telah disukai lebih dari 88 ribu kali. Beragam komentar pun dituliskan oleh banyak warganet.

Ini kayak pas kakakku tunangan sama cowok Madura terus pas acara ke rumah cowoknya, sodara si cowo ngasih duit kek gitu,” tulis akun @sedangfriendzone

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Orangtua Tidak Merestui Pilihan hati

Kalo didesaku.. pengantin cweknya bontont, dikasih duit SMA kluarga kedua mempelai.. Namanya kaen2,” tulis @hikmah_024.

Baca Juga: Pria Ini Belikan Tanah Di Bulan Sebagai Kado Ulang Tahun Pernikahan Untuk Istrinya

Mwu ngasih dikit malu, mwu ngasih bnyak ga ada. Aduh gmana ya, hehehe,” tutur @mufhim7853.

Ada juga pakai amplop di buka pas ada orgnya di catat. Lebi malu lagi gitu, baik kya gini terus terang,” komentar @sitirobiah011

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.