4 Tempat Ini Ditinggalkan oleh Penduduknya, Salah Satunya Karena Ledakan Nuklir

in
Kota Pripyat Chernobyl
Kota Pripyat Chernobyl | Credit Image: IDN Times

Pernahkah kalian mendengar tentang sebuah kota bernama Pompeii? Pada tahun 79 Masehi yang lalu, sebuah kota di Italia hancur akibat erupsi gunung berapi Vesuvius. Kota tersebut ialah kota Pompeii.

Tepatnya pada tanggal 17 Oktober tahun 79, gunung Vesuvius meletus menyebabkan kehancuran kota Pompeii. Meletusnya gunung Vesuvius juga termasuk yang terparah di dunia. Sejak saat itu, Pompeii ditinggalkan oleh penduduknya yang selamat dan menjadi sebuah kota yang tak berpenghuni.

Selain Pompeii, ternyata ada beberapa kota lainnya yang hingga saat ini sudah tidak berpenghuni dan ditinggalkan penduduknya. Dimana saja tempat-tempat tersebut? Berikut ulasannya untuk kalian!

1. Kota Hallsands

Hallsands Monumen
Hallsands Monumen | theyactmarket

Kota ini terletak di Inggris. Pada tahun 1917 kota ini runtuh dan tenggelam ke laut. Peristiwa tersebut hanya meninggalkan satu rumah yang tak ikut runtuh. Sejak peristiwa itu, penduduk di kota Hallsands tidak memiliki rumah.

Hal itu membuat penduduk kota Hallsands meninggalkan kota dan pindah ke tempat lain. Saat ini sisa-sisa pulau Hallsands berada di bawah laut, ketika air surut sisa-sisa dari kota ini dapat terlihat kembali ke permukaan.

ARTIKEL TERKAIT •
Papua Memiliki Mumi Berusia Ratusan Tahun

2. Pulau Paskah

Pulau Paskah
Pulau Paskah | Get Lost

Pulau ini dulunya dikenal juga dengan sebutan Rapa Nui, dan merupakan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Pulau ini sangat terpencil, di pulau ini terdapat ratusan patung raksasa bernama Moai.

Para peneliti hingga kini masih belum menemukan bagaimana cara penduduk pulau ini dulu, membangun ratusan patung tersebut. Selain itu, pulau ini dianggap misterius karena tidak ada yang tahu kapan Pulau Paskah ini dihuni dan ditinggalkan penduduknya.

Pulau ini disebut sebagai pulau terpencil karena untuk sampai ke sini, diperlukan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 5 jam dari Chilli menggunakan jalur udara. Selain itu, untuk sampai ke sana, harus melewati kencangnya angin Samudera Pasifik.

Pulau ini juga terletak lebih dari 3.700 kilometer dari Amerika Selatan dan 1.770 kilometer dari pulau berikutnya.

3. Pulau Hashima

Pulau Hashima
Pulau Hashima | MerahPutih

Dulunya pulau ini menjadi salah satu tempat yang paling banyak dihuni oleh masyarakat karena di tempat ini menjadi tempat untuk mencari nafkah. Pada tahun 1890, sebuah perusahaan besar, Mitsubishi membeli Pulau ini untuk membangun proyek batu bara di bawah laut.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Negara yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Pada tahun 1959, terjadi lonjakan penduduk di Pulau Hashima. Akibatnya, pulau yang berukuran hanya sekitar 6,3 hektar tersebut menjadi tempat dengan populasi terpadat di dunia, yaitu sekitar 5.259 orang.

Pada tahun 1974, proyek pertambangan batu bara di Pulau tersebut ditutup, sehingga pulau ini tidak lagi dihuni dan ditinggalkan penduduknya hingga kini. Pada tahun 2005, UNESCO menetapkan Pulau Hashima sebagai salah satu warisan dunia.

4. Kota Pripyat

Kota Pripyat
Kota Pripyat | Indozone

Pernahkah kalian mendengar mengenai Chernobyl? Chernobyl adalah sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang berada di kota Pripyat, Ukrania. Pada tanggal 26 April 1986 terjadi bencana ledakan nuklir saat ada uji coba sistem pada reaktor nuklir.

Akibatnya, debu radioaktif bertebaran di udara sebagian besar Uni Soviet dan Eropa. Paparan radioaktif ini berbahaya bagi manusia. Oleh sebab itu, penduduk kota Pripyat harus dievakuasi meninggalkan kota tersebut.

Hingga kini, akibat dari evakuasi tersebut, kota Pripiyat menjadi kota yang tak lagi berpenghuni. Bangunan-bangunan yang ada di sana sampai ditumbuhi semak-semak tinggi. Bahkan kota ini mendapat julukan kota hantu.

ARTIKEL TERKAIT •
Wisatawan Boleh Mengunjungi Ruang Kendali Reaktor Nuklir Chernobyl Selama 5 Menit

Berikan Nilai Untuk Konten ini