10 Hal Penting Yang Harus Diketahui Sebelum Liburan Ke Korea Selatan

in
Hal Penting Sebelum liburan ke Korea Selatan
Gyeongbokgung Palace Seoul Korea

Inilah 10 hal penting yang harus diketahui oleh kita-kita sebelum liburan ke Korea Selatan.

Oke-oke. Memang dalam situasi pandemi COVID-19 yang makin menggila dari hari ke hari ini, liburan, adalah 1 kata yang rasanya harus kita tangguhkan dulu.

Tapi ketika semua ini nantinya kembali normal, pastinya kita ingin langsung “hajar” untuk liburan lagi bukan? Nah apabila demikian, maka salah satu negara yang oke untuk dijadikan destinasi liburan, adalah Korea Selatan.

Dan gak heran sih. Karena negara ini memang masih ngetop banget. Tentunya difaktori oleh kebudayaan K-Pop nya itu. Nah apabila memang kamu berencana liburan ke Korea Selatan, maka ada beberapa hal yang harus kamu ingat dan ketahui.

Dan berikut adalah 10 hal penting yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk liburan ke Korea Selatan tersebut.

1. Menerima Apapun Dengan Dua Tangan

liburan ke korea selatan
Terima apa-apa dengan tangan dua oke? | IDN Times

Hal penting yang harus diketahui pertama sebelum akhirnya liburan ke Korea Selatan, adalah ketika kita menerima apapun (sekali lagi APAPUN) dari warga Korea Selatan, maka terimalah dengan kedua tangan.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Ide Pesta Pernikahan Alternatif Selama Pandemi COVID-19

Bahkan ketika dalam posisi memberikan seperti membayar uang makan pun, kita WAJIB memberikannya dengan kedua tangan yang menjulur. Hal ini bagi orang Korea Selatan adalah hal atau tata cara yang sangat sopan.

2. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Korea Seoul City Ccb22
Buang sampah pada tempatnya ya! | Tomorrow.Mag

Sebenarnya ketika kita di Indonesia pun, sebaiknya kita tidak boleh membuang sampah smebarangan. Tapi di Korea Selatan, ancamannya lebih gila lagi kalau kita buang sampah sembarangan.

Spesifiknya, kalau kita nekad buang sampah sembarangan, maka siap-siaplah merogoh kocek denda hingga Rp. 12 juta!

3. Jangan Asal Potert – Potret

Places To Visit In Seoul 660x441 1
Jangan main potret-potret aja bro! | Miss Tourist

Memang seringkali ketika berwisata di negeri orang, tangan ini sangat gatal untuk potret-potret warga atau obyek-obyek menarik di hadapan mata.

Di beberapa negara hal ini sah-sah saja. Tapi jangan coba-coba di Korea Selatan. Warga Korea Selatan tereknal dengan selalu menjaga privasi mereka.

Jadi kalau memang mau foto orangnya, lebih baik minta izin terlebih dahulu oke?

4. Makan Sampai Piring Bersih

5 Kebiasaan Di Indonesia Yang Dianggap Tak Sopan Di Luar Negeri 1200x720 1
Kalau bisa sampai dijilat deh semua piringnya! | Minews ID

Apabila kita liburan ke Korea Selatan dan, memutuskan untukmakan di warung makan atau restoran-nya. Pastikan kita benar-benar habiskan makanan di piring kita. Kalau perlu sampai dijilat piringnya.

ARTIKEL TERKAIT •
Masa PSBB Transisi DKI Jakarta Diperpanjang 3 Januari 2021

Karena bagi masyarakat Korea Selatan, apabila kita kebiasaan menyisakan makanan (gak bersih), maka mereka menganggap kita gak menghargai yang sudah membuatnya.

5. Jangan Makan Pakai Garpu

120229041745 International Food Etiquette Horizontal Large Gallery
Pake sendok atau sumpit aja! | CNN

Ya mungkin agak unik. Tapi ya sekali lagi, setiap negara pasti memiliki kebiasaan (custom) masing-masing.

Nah bagi masyarakat Korea Selatan, makan pakai garpu dianggap sebagai tindakan “kejam dam merusak” makanan yang ada. Ya, ya aneh memang. Tapi ya itu, sudah pandangan hidup mereka.

Jadi ya kalau makan disana kalau tidak pakai sendok ya pakai sumpit.

6. Lepas Sepatu = Sopan

Acd299437a468b528528ce72ae8cefe239cf31d9 Hq 9839d5cf6f7f73beb0f3c0015757aca3
Lepas sepatu ya! | IDN Times

Mungkin kebiasaan ini hampir serupa dengan kebiasaan kita di Indonesia atau beberapa negara Asia lain.

Jadi bagi warga Korsel, melepas sepatu dianggap sebagai tindakan yang sangat sopan dan menghormati. Bahkan beberapa restoran di sana pun menerapkannya.

7. Jangan Menulis Nama Dengan Tinta Merah

Cultural Difference 7 08c9b4875d86abce5ea3b51d8da95b5d
Pakai tinta hitam aja ok? | IDN TImes

Ketika kita menuliskan nama kolega atau saudara kita yang ada di Korea dan kita menulisnya di Korea juga, pastikan menggunakan tinta hitam atau warna lain selain warna merah.

ARTIKEL TERKAIT •
Rekomendasi Film Korea Terbaik yang Wajib Ditonton

Karena di Korea Selatan umumnya, apabila warganya menuliskan nama dengan tinta merah, maka nama yang ditulis tersebut, adalah nama yang sudah meninggal dunia.

8. Toilet Umum Tidak Dipisah

Cultural Difference D8ec193a407a9c6a90970b86e8b04c1a
Laki-laki dna wnaita sama saja | IDN Times

Ini nih aspek yang menurut gue harus kalian ingat baik jika memutuskan untuk liburan ke Korea Selatan. Toilet umum di Korea Selatan bersifat unisex. Jadi gak ada tuh pemisahan antara pria dan wanita.

Jadi jangan heran nanti kalau kamu menemukan lawan jenis ketika sedang buang air.

9. Jangan Membuang Ingus di Tempat Umum

Sneezing C1a89c28cc7dfee43ce89b7927486c89
Jangan main buang aja ya! | IDN Times

Walaupun kamu lagi pilek dan ingusan berat. Jangan coba-coba kamu membuang ingus kamu di tempat umum atau khalayak ramai.

Karena kalau kamu nekad melakukannya, dijamin orang sekitar akan mentapmu dengan sangat sinis. Atau bisa kita katakana disini, dianggap tidak sopan.

10. WiFi All Around You

Seoul Free Wifi 172c9b2190130c19517d63cfe39b31c9
Wi-Fi Zone | IDN Times

Nah ini nih hal yang super positif nan menguntungkan bagi kita yang pebisnis atau “tiada hari tanpa online” apabila kita memutuskan untuk liburan ke Korea Selatan. Tenang guys gak usah merasa kesusahan atau bagaimana.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Efek Buruk Apabila Kelamaan Di Dalam Rumah

Karena hampir seluruh area di Korea Selatan memiliki akses jarngan WiFi gratis. Jadi yap, gak usah deh kamu repot-repot isi kuota super banyak sebelum berlibur. Semoga pembahasan ini bermanfaat oke?

Berikan Nilai Untuk Konten ini