Mengapa Orang Zaman Dulu Tidak Mau Tersenyum Ketika Difoto?

in
Credit Picture: The Atlantic

Aturan etiket atau kecantikan pada era Victoria (1837-1901) berbeda dengan hari ini. Mulut mungil yang terkatup rapat pada saat itu merupakan hal yang dianggap pantas dan beretika.

Jadi orang pada zaman dulu tidak akan tersenyum apalagi tertawa ketika berfoto karena etika saat itu, mulut tertutup rapat adalah hal yang dianggap pantas. Selain itu, hilangnya senyum dari wajah orang zaman dulu ketika berfoto ialah disebabkan oleh lamanya waktu yang diperlukan oleh kamera kuno untuk menangkap gambar.

60 hingga 90 detik

Louis Jacques Mande Daguerre seorang berkebangsaan Perancis, pada tahun 1837 menemukan teknik fotografi yang ia beri nama Daguerreotype. Lalu, dua tahun berikutnya ia menemukan format fotografi baru yang memungkinkan pengambilan gambar berlangsung dalam waktu 60 hingga 90 detik.

Daguerreotype Of Louis Daguerre In 1844 By Jean Baptiste Sabatier Blot Cadreblanc Tt Width 637 Height 793 Crop 1 Bgcolor Ffffff Lazyload 0 0 0
Louis Daguerre | India Today

Meskipun tergolong cepat, 60 hingga 90 detik adalah waktu yang lama untuk sekedar berpose apalagi harus tersenyum selama itu.

Hal lain mengapa tidak terlihatnya gigi pada era Victoria saat berfoto adalah karena masalah kesehatan. Pada zaman itu, gigi yang rusak hanya bisa dicabut, belum ada teknik kedokteran untuk memeprbaiki gigi yang rusak.

ARTIKEL TERKAIT •
5 Hewan Purba yang Diadaptasi Menjadi Karakter di Film Ice Age

Jadi mulut yang terutup dinilai lebih menarik dibandingkan mulut yang terbuka memperlihatkan gigi, apalagi bila giginya rusak.

Biaya yang tak sedikit

Pada saat itu, biaya untuk foto tidaklah sedikit, jadi seseorang mungkin hanya bisa berfoto sekali dalam seumur hidupnya. Lalu kemudian pada tahun 1843, industri potret milik Louis Jacques Mande Daguerre itu berevolusi dengan cepat, meskipun terbilang masih relatif mahal, namun orang-orang bahkan mengantri agar bisa diabadikan dalam foto.

Pada tahun 1900, keadaan pun berubah. Kodak mengeluarkan kamera Brownie yang membuat dunia fotografi mengalami perubahan yang signifikan.

135210
Brownie Kodak | SSPL Prints

Pada iklannya tertulis, “Harganya hanya satu dollar dan amat mudah digunakan. Bahkan anak kecil pun mampu mengambil gambar dengan sempurna”. Dengan harga yang terjangkau saat itu, orang-orang memiliki kesempatan untuk memiliki fotonya sendiri.

Berikan Nilai Untuk Konten ini