Pantai Gulpiyuri, Pantai Terkecil di Dunia Yang Tidak Memiliki Laut

in
Pantai Gulpiyuri 5
Pantai Gulpiyuri 5

Apa yang tersirat di benakmu jika berpikir tentang pantai? Pasti air laut berwarna biru yang membentang luas, bukan? Dapat dikatakan, laut dan pantai merupakan dua hal yang tidak bisa dipisahkan. Namun ternyata terdapat satu pantai yang mematahkan pernyataan itu.

Ya dia adalah Pantai Gulpiyuri, masyarakat disana acap menyebutnya dengan sebutan Playa de Gulpiyuri. Pantai Gulpiyuri berada di Kota Llanes, diantara Punta Rociera dan Castro Molina. Dari kota Madrid sekitar 475 Kilometer dari arah utara.

Pantai Gulpiyuri 1
Photo by Instagram @warawaranature

Seperti yang dikatakan sebelumnya, pantai Gulpiyuri tidak memili laut, seperti selayaknya pantai-pantai diluar sana. Memiliki ukuran dengan panjang sekitar 40 meter dan lebar sekitar 15 meter. Pada ujungnya terdapat pelindung seperti tebing rerumputan dan batu yang memiliki ukuran berbeda-beda. Pemandangan indah seperti air laut biru yang indah tidak bisa kita lihat disini, kita hanya bisa melihat hamparan tebing bukit hijau yang cantik.

Pantai Gulpiyuri 2
Photo by Instagram @borealistips

Terdapat pasir pantai dan hamparan ombak

Akan tetapi walaupun disebut sebagai pantai terkecil di dunia dan tidak memiliki air laut, di Pantai Gulpiyuri kita masih dapat menemukan pasir pantai berwarna putih ke abu-abuan, ombak berukuran sedang, dan air asin. Dan seperti pantai kebanyakan, Playa de Gupiyuri juga mengalami proses pasang surut.

ARTIKEL TERKAIT •
Kenapa Air Laut Itu Asin? Ini Jawabannya

Ketika mendatangi pantai tersebut dan menginjakkan kaki, kaki kamu tidak akan mengalami luka akibat serpihan kerang seperti biasanya. Dengan butiran pasir yang lembut, di Pantai Gulpiyuri hanya sedikit mengandung jenis kerang-kerang laut.

Pantai Gulpiyuri 3
Photo by Instagram @mybestplace

Alhasil banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahaan alam ini. Pantai Gulpiyuri juga dicap sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di Asturia. Oleh karena itu pantai ini menjadi destinasi wisata yang sangat popular di kota tersebut.

Dilansir dari situs Sumber.com, Gulpiyuri berarti “lingkaran air”. Pantai Gulpiyuri terbuat dari celah lubang di bumi. Ketika terjadi pasang surut, area pantai akan menyisakan pasir. Jadi sebelum berkunjung ke pantai ini, diharapkan kepada wisatawan agar mengecek terlebih dahulu keadaan ombak disana. Kamu bisa berenang disana saat keadaan ombak sedang pasang. Namun hal yang sering terjadi, level air mencapai ketinggian setinggi lutut.

Cara berkunjung ke Pantai Gulpiyuri

Pantai Gulpiyuri 4
Photo by Instagram @jrtruiz

Untuk dapat berkunjung kesana kamu bisa mencapainya dengan menggunakan kayak atau berjalan kaki. Kebanyakan pengunjung mengendarai mobil atatu sepeda motor dari desa Naves dengan jarak sekitar 1 kilometer. Kamu bisa juga menggunakan kayak jika cuacanya sedang bagus dan melewati area goa sekitar 100 meter.

ARTIKEL TERKAIT •
10 Destinasi Wisata Yang Dapat Kamu Kunjungi di Provinsi Aceh

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.