Flora dan FaunaSejarahPedia

5 Bencana Penyebab Kepunahan Massal Makhluk Hidup di Bumi

Kira-kira ratusan juta tahun yang lalu, Bumi sudah mulai dihuni oleh berbagai spesies beragam makhluk hidup. Namun, pada ratusan juta tahun lalu pun banyak terjadi bencana di bumi yang menyebabkan kepunahan massal makhluk hidup di Bumi. Salah satunya ialah kepunahan dinosaurus yang terkenal itu.

Kira-kira ratusan juta tahun yang lalu, Bumi sudah mulai dihuni oleh berbagai spesies beragam makhluk hidup. Namun, pada ratusan juta tahun lalu pun banyak terjadi bencana penyebab kepunahan massal makhluk hidup di Bumi. Salah satunya ialah kepunahan dinosaurus yang terkenal itu.

Sejarah mencatat, setidaknya Bumi mengalami 5 kali bencana besar yang diikuti kepunahan massal. Berukut ulasannya!

5 Bencana Penyebab Kepunahan Massal di Bumi

1. Periode Ordovician 445 juta tahun lalu

Ordovician John Agnew
Ilustrasi Periode Ordovician | Source Image

Bencana di Bumi pertama terjadi pada periode ordovician. Karena pendinginan global dan penurunan air laut di bumi, Bumi pada 445 juta tahun yang lalu, mengalami kepunahan massal hampir 85 persen makhluk hidupnya.

Akibat perubahan iklim, di Bumi bagian selatan terbentang lempengan es raksasa yang karena perubahan iklim pula mencair. Permukaan laut yang menyusut diikuti kandungan oksigen di lautan yang secara drastis berkurang membuat sebagian besar makhluk hidup di era itu terbunuh.

Periode Ordovician dihuni oleh mayoritas makhluk hidup yang habiatatnya di air, seperti trilobite, brachiopoda, dan graptolite. 

2. Periode Devonian 340 juta tahun lalu

kepunahan massal
Ilustrasi Devonian | Source Image

Yang kedua, bencana di bumi terjadi pada periode devonian. Sekitar 340 juta tahun yang lalu, Bumi mengalami kepunahan untuk kedua kalinya. 70 persen makhluk hidup yang berada di lautan menjadi korban dari bencana alam ini.

Pemicunya ialah perubahan ketinggian permukaan laut, hantaman asteroid, perubahan iklim, dan munculnya tumbuhan baru. Mereka yang punah merupakan makhluk hidup yang tidak bisa mempertahankan diri untuk menghadapi perubahan ekosistem, terutama terumbu karang.

3. Periode Permian 251 juta tahun lalu

kepunahan massal
Ilustrasi Periode Permian | Source Image

Erupsi yang terjadi di Siberia menyemburkan karbon dioksida yang berujung terbentuknya gas rumah kaca, udara beracun, naiknya metana dan suhu bumi. Akibatnya 96 persen spesies laut punah dalam waktu yang tidak lama akibat bencana di bumi tersebut, sementara itu 70 persen hewan bertulang belakang juga punah.

Peristiwa ini disebut-sebut menjadi salah satu kepunahan yang paling parah terjadi di Bumi.

4. Periode Triassic 200 juta tahun lalu

bencana di bumi
Ilustrasi Periode Triassic | Source Image

Separuh spesies yang ada di Bumi punah sekitar 200 juta tahun lalu akibat naiknya kandungan metana dan karbondioksida yang menyebabkan perubahan besar pada atmosfer.

Meskipun tumbuh-tumbuhan tak banyak berdampak pada peristiwa ini, namun sebagian hewan seperti reptil-reptil laut, sejumlah amfibi raksasa, dan sejumlah besar molusca cephalopoda punah pada kepunahan massal periode empat ini.

5. Periode Crataceous 65 juta tahun lalu

Bencana besar di bumi
Ilustrasi periode crtaceous | Source Image

Mungkin era di 65 juta tahun inilah bencana besar di bumi yang paling populer sejarahnya. Hantaman asteroid raksasa di semenajung Yucatan di Meksiko, menurunnya permukaan laut, dan letusan gunung berapi menjadi penyebab kepunahan dinosaurus yang saat itu mendominasi kehidupan di Bumi.

90 persen spesies ikan punah, hewan invertebrata di lautan seperti udang-udangan, ammonite, hingga cumi-cumi pun punah. Hanya beberapa serangga dan kelompok hewan saja yang mampu bertahan. Peristiwa kepunahan massal ke lima ini menandakan akhirnya era Mesozokium dan bermulanya era Senozokium.

5 Hewan Purba yang Diadaptasi Menjadi Karakter di Film Ice Age

Layaknya Jurassic Park, Serangga Penyedot Darah Dinosaurus Ditemukan Utuh dalam Batu Amber

Leave Comment

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.