Makanan yang Sudah Dihinggapi Lalat, Aman Tidak Ya?

in ,
2011 December 05 Fly Images 9157 1024x683
Sumber gambar: hellosehat

Sudah sering kita ketahui, bahwa lalat suka sekali hinggap di makanan yang akan kita makan. Terlebih jika kita sedang makan di pinggiran jalan yang lingkungannya kurang terjaga dan bersih.

Terkadang kita ragu untuk makan makanan yang sudah dihinggapi lalat meskipun lalat tersebut hanya hinggap sekejap saja. Namun, kita juga terkadang bersikap tak peduli akan hal itu, dan tetap saja memakannya.

Walaupun hanya sebentar, apakah makanan yang dihinggapi lalat aman dikonsumsi?

Penyebar bakteri

Lalat Menghinggap Di Makanan
Lalat Menghinggap Di Makanan | TribunKaltim

Lalat suka hinggap ke tempat-tempat kotor, seperti sampah, jamban. Mereka berkerumunan di kotoran tersebut. Sehingga mereka banyak terjangkit bakteri yang dibawanya.

Dilansir sciencealert.com, lalat ternyata bisa membawa semua jenis patogen, yaitu mikroganisme parasit yang bisa menyebabkan penyakit pada inangnya. Bahkan beberapa ada yang berbahaya bagi manusia, jika si lalat berhasil mentrasnmisikan ke tubuh manusia melalui kaki mereka.

Bakteri pada lalat bertahan ketika si lalat terbang, dan tumbuh lalu menyebar ketika berada di permukaan baru. Menurut penelitian, terdapat lebih banyak patogen pada lalat di perkotaan dibandingkan lalat di kandang kuda.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Alami Menyembuhkan Mata Minus

Lalu peneliti menemukan 15 contoh patogen yang disebut “Helicobacter pylori”, mikroorganisme ini bisa menyebabkan tukak lambung (nyeri atau sakit perut). Terdapat kurang lebih 300 bakteri pada lalat, yang bisa berpindah dengan cepat ke tempat di mana mereka hinggap.

Jadi, jika makanan kita sudah dihinggap oleh lalat, sebaiknya jangan kita makan untuk mengurangi resiko penyakit pencernaan yang disebabkan oleh bakteri yang dibawa oleh lalat.

Penyebab penyakit

E.coli dan salmonella juga merupakan bakteri yang bisa dibawa oleh lalat. Jika kita terinfeksi bakteri tersebut, kita bisa terkena diare hingga tifus. Bahkan bakteri lain yang dibawa oleh lalat juga dapat menyebabkan infeksi mata dan kulit.

Ketika lalat hinggap di makanan kita, ia tidak memakan makanan tersebut. Terkadang ia justru memuntahkan jus pencernaan yang penuh dengan bakteri berbahaya.

Tak jarang juga, lalat bertelur di makanan yang terbuka dalam waktu yang lama. Sehingga makanan tersebut akan menjadi sarang larva lalat. Bayangkan betapa berbahayanya makanan tersebut untuk dikonsumsi, selain dihinggapi banyak bakteri, larva lalat pun ikut bersarang di sana.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Kita Tidak Boleh Mandi Saat Cacar Air?

Menurut pakar kesehatan, kita tak perlu menunggu makanan kita dihinggapi satu koloni lalat untuk membuangnya. Karena satu lalat saja, sudah cukup untuk bisa membuat kita sakit.

Jadi, jika makanan kita sudah dihinggapi lalat, sebaiknya langsung diganti dengan makanan yang baru.

Berikan Nilai Untuk Konten ini