5 Bintang Terbesar di Alam Semesta, Matahari Jadi Sangat Kecil!

Matahari terlihat seperti debu di hadapan 5 bintang terbesar di alam semesta ini.

4
0
Credits: astrophotographylens.com

Matahari terlihat seperti debu di hadapan 5 bintang terbesar di alam semesta ini.

Ketika berada di Bumi, kita dapat menyaksikan sejuta bintang yang tersebar di langit malam. Meskipun tampak kecil dan berkilauan, sebenarnya jarak mereka sangatlah jauh dari Bumi.

Tidak hanya pada malam hari, tetapi juga pada siang hari kita dapat melihat bintang. Salah satunya adalah Matahari yang menerangi Bumi dan merupakan salah satu dari triliunan bintang di alam semesta.

Sebenarnya, bintang adalah objek yang terdiri dari gas yang berada di luar angkasa dengan tekanan yang tinggi.

Bintang terbentuk dari kombinasi gas hidrogen sebanyak 94%, helium sebanyak 5%, dan elemen lainnya sebanyak 1%. Bintang memiliki suhu yang sangat tinggi, mencapai puluhan ribu derajat Celcius.

Selain itu, ada fakta bahwa bintang memiliki ukuran yang sangat besar, contohnya adalah Matahari yang merupakan bintang terdekat dengan Bumi.

Matahari diperkirakan memiliki ukuran sekitar 130 juta kilometer (km) dan tidaklah menjadi bintang terbesar, karena masih ada bintang-bintang lain yang jauh lebih besar.

Hingga saat ini, ada banyak hal misterius dalam alam semesta yang masih belum dapat kita pahami dan ungkap sebagai manusia.

Keberadaan bintang-bintang di ruang angkasa masih merupakan hal yang sangat menakjubkan untuk kita pahami dan pelajari.

Selanjutnya, mari kita bahas mengenai bintang-bintang terbesar yang ada di jagat raya. Berikut ini adalah daftar 5 bintang terbesar di alam semesta.

5 Bintang Terbesar di Alam Semesta

1. UY Scuti

Bintang terbesar di alam semesta
bobo.grid.id

UY Scuti merupakan salah satu bintang merah yang terdapat di galaksi Bima Sakti, tepatnya di pusat galaksi kita.

Menurut para pakar, UY Scuti diperkirakan memiliki ukuran sekitar 1.708 kali lebih besar dari ukuran Matahari.

Walau UY Scuti lebih besar dari Matahari, suhu permukaannya masih tergolong rendah jika dari suhu permukaan Matahari.

Suhu di permukaan UY Scuti adalah sekitar 3000 kelvin, sementara suhu di permukaan Matahari sekitar 5000 kelvin.

2. KY Cygni

Bintang terbesar di alam semesta
Frontier Forums

Terletak sekitar 5.000 tahun cahaya dari rasi bintang Cygnus, para astronom pada awalnya meyakini bahwa KY Cygni memiliki diameter 2.850 kali lebih besar dari Matahari.

Namun, pandangan ini akhirnya terbukti salah karena diameter KY Cygni hanya 1.450 kali lebih besar dari diameter Matahari.

Namun demikian, KY Cygni masih termasuk dalam kategori bintang raksasa di ruang angkasa. KY Cygni merupakan jenis super giant merah dengan ukuran seribu kali lebih besar.

3. RW Cephei

Bintang terbesar di alam semesta
Forbes

RW Cephei adalah jenis bintang hypergiant berwarna jingga yang terletak di konstelasi Cephus dan dapat terlihat dari Bumi bagian utara.

RW Cephei memiliki diameter yang 1.500 kali lebih besar dibandingkan dengan Matahari. Karena begitu besarnya, bahkan diameternya melebihi Matahari.

Namun, karena RW Cephei terletak sejauh 14.000 tahun cahaya dari Matahari, maka bintang ini tidak membahayakan penduduk Bumi.

4. VY Canis Majoris

Bintang terbesar di alam semesta
Wikipedia Commons

VY Canis Majoris adalah bintang super raksasa yang sangat besar yang berada di rasi Canis Major. Bintang ini memiliki ukuran diameter yang sekitar 1.064 hingga 1.173 kali lebih besar daripada diameter Matahari.

Jika VY Canis Majoris menggantikan posisi Matahari, ukurannya akan jauh lebih besar daripada orbit Jupiter. VY Canis Majoris terletak sekitar 3.900 tahun cahaya dari tata surya kita, jadi tidak ada ancaman bagi Bumi dan planet lainnya.

5. WOH G64

1 F3nvshvfeuoptyw1wvajkq
Medium

WOH G64 adalah salah satu bintang raksasa yang letaknya paling jauh dari Tata Surya jika dibandingkan dengan bintang-bintang lainnya. WOH G64 terletak sejauh 170.000 tahun cahaya.

Hal ini disebabkan oleh posisi WOH G64 yang tidak berada di Galaksi Bima Sakti, melainkan di Galaksi satelit Bima Sakti yaitu Awan Magellan Besar.

Diameter WOH G64 memiliki ukuran sekitar 1.540 kali lebih besar daripada jari-jari Matahari.

Baca Juga:

Rekomendasi Buku tentang Astronomi

Bagi kamu yang masih ingin tahu dan penasaran dengan segala isi dan misteri yang terdapat di Alam Semesta, buku yang berjudul Kosmos: Aneka Ragam Dunia yang ditulis oleh Ann Druyan bisa memberikan jawaban dan memuaskan rasa ingin tahu kamu.

Buku ini akan menghadirkan berbagai pembahasan yang akan memberikan wawasan yang mendalam tentang kosmos.

Buku ini memberikan penjelasan yang menarik tentang alam semesta yang sangat luas yang baru-baru ini kita mulai memahami. Gaya penuturan Druyan yang menakjubkan dan mudah dimengerti oleh semua orang membuatnya menjadi lebih menarik.

Druyan mengimajinasikan sebuah masa depan yang penuh dengan inspirasi melalui pengetahuan dan pemahaman yang sangat penting dan kuat tentang alam semesta yang masih misterius hingga sekarang.

Tinggalkan Balasan