Faktapedia

Berapa Jumlah Senjata Nuklir di Dunia? Lebih Banyak Rusia atau Amerika?

Ancaman perang dunia ketiga bakal terjadi karena invasi Rusia ke Ukraina pun semakin besar. Yang mana senjata nuklir pasti akan ikut serta dalam perang tersebut. Kekhawatiran dunia tentang kekuatan senjata nuklir pun tidak bisa dihindarkan.

Terlebih lagi setelah mengetahui bahwa senjata nuklir memiliki kekuatan sebagai senjata pemusnah masal. Tidak hanya akan berdampak untuk satu atau dua negara saja, melainkan berbagai penjuru dunia jika senjata nuklir di gunakan.

Amerika dan Rusia tentu adalah kedua negara yang memang memiliki kekuatan terbesar jika berbicara tentang senjata nuklir. Kedua negara ini telah bersaing cukup lama untuk terus memperbanyak senjata nuklir mereka sejak perang dingin terjadi.

Namun, perjanjian Non-Proliferasi Senjata Nuklir membuat kedua negara ini harus mengurangi senjata nuklir yang mereka miliki. Tidak hanya Rusia dan Amerika saja, ada beberapa negara lainnya yang menjadikan nuklir sebagai senjata mereka.

Jika semua digabungkan, berapa kah kira-kira jumlah senjata nuklir yang ada di dunia ini? Pada tulisan berikut ini Bebaspedia bakal membahas terkait hal tersebut.

Berapa Jumlah Senjata Nuklir di Dunia?


Negara yang memanfaatkan energi nuklir!

Berapa Jumlah Senjata Nuklir Di Dunia Lebih Banyak Rusia Atau Amerika
Negara kekuatan nuklir | Detik.com

Diketahui bahwa ada sekitar 34 negara yang memanfaatkan kekuatan pemecahan atom untuk menghasilkan listrik atau senjata nuklir. Ada sebanyak 32 negara yang mampu mengelola energi atom, yang mana sembilan dari jumlah tersebut memiliki senjata nuklir dan tujuh negara memiliki keduanya.


Hulu ledak nuklir per negara

Berapa Jumlah Senjata Nuklir Di Dunia Lebih Banyak Rusia Atau Amerika 1
Senjata Nuklir | Okezone

Jika digabungkan secara keseluruhan, kesembilan negara memiliki sekitar 13.150 hulu ledak pada Agustus tahun 2021. Yang mana lebih dari 90% dimiliki oleh Rusia dan Amerika Serikat menurut World Nuclear Association.

Zaman dulu, Rusia dan Amerika bahkan memiliki hampir 65.000 hulu ledak diantara keduanya. Perlombaan ini dimulai sejak saat perang dingin terjadi diantara kedua negara. Saat ini, Rusia dan Amerika Serikat telah membongkar banyak senjata nuklir mereka.

Dilain sisi, China malah memperbanyak stok senjata nuklir mereka. Persediaan hulu ledak China diperkirakan akan tembus 1000 pada tahun 2030 mendatang.


Berapa jumlah senjata Nuklir di dunia?

Berapa Jumlah Senjata Nuklir Di Dunia Lebih Banyak Rusia Atau Amerika
Senjata Nuklir | Detik.com
  • Rusia (4.410)
  • Amerika Serikat (3.730)
  • China (350)
  • Perancis (290)
  • Inggris (195)
  • Pakistan (160)
  • India (150)
  • Israel (90)
  • Korea Utara (35)

Jika ditotalkan, jumlah senjata nuklir yang ada di dunia ini dari kesembilan negara adalah 9470. Yang mana seluruh jumlah ini didominasi oleh Rusia dan Amerika. Rusia saat ini menjadi negara peringkat pertama dengan jumlah senjata nuklir terbanyak di dunia.

Source: FAS

Related Posts

Halo Pembaca Bebaspedia! Izinkan kami mengirimkan notifikasi berita terbaru untuk kamu Nanti IZINKAN