Menahan Kentut Ternyata Bisa Mengancam Nyawa Kita, Jadi Lepaskan Saja

in
Menahan Kentut Ternyata Bisa Mengancam Nyawa Kita, Jadi Lepaskan Saja
Menahan Kentut Ternyata Bisa Mengancam Nyawa Kita, Jadi Lepaskan Saja

Apa yang akan kamu lakukan jika ada orang di sekitar kamu yang sengaja mengeluarkan gas di dalam perutnya? Apalagi aromanya sampai membuat indera penciuman mati total. Pastinya emosi, marah, kesal, atau pengen nabok, bukan?

Tapi, coba deh kamu bayangkan bagaimana jika kamu berada di posisinya. Apa yang akan kamu lakukan? Melepaskannya begitu saja atau memilih untuk menahan kentut tersebut?

Bahaya menahan kentut

Jika kamu memilih melepaskannya, apalagi saat itu kamu sedang berada di tempat umum. Akan banyak orang yang mencium aroma semerbak gas perutmu tersebut. Mungkin saja mereka ingin menegur, namun segan untuk mengobrol. Rasa malu pasti berkumpul di pikiran kamu.

Baca Juga: Apakah Ikan Juga Kentut?

Menahan Kentut Dapat Mengancam Nyawa
Foto: Unilad

Atau jika kamu memilih untuk menahannya, pasti akan sulit menahannya, terlebih saat sudah berada di ujung tanduk. Tapi, apakah kamu tahu jika menahan kentut bisa membahayakan diri, apalagi jika dilakukan terlalu sering dapat membuat nyawa seseorang menjadi terancam.

Dilansir dari HelloSehat, menahan kentut hanya akan membuat perut jadi kembung, panas, sampai mengalami gangguan pencernaan. Tekanan yang terjadi pada usus bisa mengakibatkan gas terperangkap, dan berkemungkinan meningkatkan tekanan darah dan denyut jantung.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Ikan Juga Kentut?

Saat kamu menahan kentut, udara akan menjadi tertumpuk pada saluran pencernaan, yang mana akan membuat udara jadi terdorong ke atas, sehingga akan membuat perut menjadi kembung dan terasa sesuatu yang tak nyaman pada perut.

Baca Juga: Sama Seperti Manusia, Tumbuhan Pun Bisa Kentut

Lebih parahnya lagi, jika kamu melakukannya terlalu sering maka bisa mengancam nyawa dan menyebabkan rasa nyeri pada perut, lho. Alasannya saat kamu menahan gas dalam perut untuk keluar, sehingga usus akan menggelembung layaknya balon akibat adanya penyumbatan gas.

Disebut divertikula

Keadaan ini juga dikenal dengan sebutan divertikula. Jika divertikula ini terinfeksi, maka kondisi tersebut akan menimbulkan keadaan yang membahayakan nyawa dan menimbulkan rasa nyeri. Akan tetapi, kasus ini untungnya langka terjadi.

Jadi, jika memang keadaannya sudah terdesak, cobalah untuk membuangnya di kamar mandi atau tempat yang tidak ada orang sama sekali dan cobalah untuk menahan suaranya agar tidak terlalu keras.

Baca Juga: Mana Yang Terbaik Diminum Pagi Hari, Susu Dingin Atau Susu Hangat

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.