Mengapa Telapak Tangan Jadi Basah Saat Stres? Ini Alasannya

in
Mengapa Telapak Tangan Jadi Basah Saat Stres Ini Alasannya
Mengapa Telapak Tangan Jadi Basah Saat Stres Ini Alasannya

Stres merupakan perasaan alami yang dialami oleh seluruh makhluk hidup, termasuk manusia. Stres biasanya muncul ketika seseorang merasa tertekan atau mengalami masalah yang membuat mereka drop. Misalnya saat presentasi di depan kelas atau mengalami musibah yang diluar kemampuan mereka.

Biasanya saat seseorang stres, maka telapak tangan mereka akan menjadi basah atau berkeringat. Lantas, bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Menurut penelitian, thal itu merupakan respon alami manusia dalam menghadapi situasi gugup atau stres.

Mengapa keringat keluar dari telapak tangan?

Banyak orang yang menganggap kalau keluarnya keringat dari telapak tangan merupakan tanda adanya gangguan kesehatan yang dialami orang tersebut. Akan tetapi, anggapan itu tidaklah benar. Pada umumnya, keringat yang keluar dari telapak tangan karena disebabkan oleh hiperhidrosis. Lantas, apa yang dimaksud dengan hiperhidrosis ini?

Baca Juga: Suka Makan Saat Stress, Itu Tanda Kamu Mengalami Emotional Eating

Mengapa Telapak Tangan Berkeringat
Foto: Halodoc.com

Hiperhidrosis adalah keringat yang keluar dalam jumlah berlebih yang diakibatkan oleh kelenjar-kelenjar keringat yang terlalu aktif. Bukan hanya pada telapak tangan saja, kondisi ini juga bisa saja muncul pada seluruh tubuh maupun bagian yang mempunyai banyak julah kelenjar keringat, seperti telapak kaki, ketiak, dan selangkangan.

ARTIKEL TERKAIT •
Alasan Malam Hari Masih Kegerahan, Padahal Matahari Tidak Ada

Pada dasarnya, tujuan keluarnya keringat adalah untuk mendinginkan suhu tubuh kita. Sehingga wajar saja tubuh tiba-tiba mengeluarkan keringat ketika tubuh merasa panas setelah melakukan aktivitas berat atau berada di dalam ruangan yang panas.

Baca Juga: Tak Ada Kipas Atau AC? Begini 3 Cara Hilangkan Gerah Jika Ketika Cuaca Panas

Penelitian mengungkapkan

Seorang asisten professor klinis di University of Tennessee School of Medicine, Darria Long Gillespie mengatakan, kalau tubuh akan menimbulkan tanggapan berupa “fight or flight” saat kamu mengalami stres dan akan mengakibatkan keringat menjadi keluar.

Stres Karena Gugup
Foto: Winnetnews.com

Sementara itu, menurut Marlyanne Pol-Rodriguez, seorang ahli dermatologi di Stanford Health Care, menyebutkan kalau keringat dapat dirangsang oleh sistem saraf simpatik. Yang mana merupakan hal berupa tanggung jawab atas tanggapan dari “fight or flight“. Hal ini pun bisa memiliki tujuan agar berfungsi lebih efektif dan efisien saat berada di waktu sulit.

Akan tetapi, mengapa keringat tersebut keluar melalui telapak tangan saat kita sedang stres? Jawabannya karena pada daerah tersebut memiliki lebih banyak kelenjar keringat dibandingkan bagian tubuh lainnya.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Mitos Tentang Kerutan Wajah Yang Wajib Diketahui Biar Gak Makin Stres

Baca Juga: Mana Yang Lebih Baik, Bersin Ke Lengan Atau Telapak Tangan?

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.