Tak Ada Kipas atau AC? Begini 3 Cara Hilangkan Gerah Jika Ketika Cuaca Panas

in
Cara Hilangkan Gerah Pada Tubuh Saat Cuaca Panas
Cara Hilangkan Gerah Pada Tubuh Saat Cuaca Panas

Ketika cuaca sedang panas biasanya suhu tubuh akan meningkat, sehingga membuat tubuh menjadi gerah dan gak nyaman. Tentunya kamu tidak ingin merasakannya bukan? Sedang fokus bekerja atau belajar, namun tiba-tiba tubuh terasa gerah sehingga konsentrasi pun menjadi terganggu. Lantas, bagaimana cara ampuh untuk hilangkan gerah pada tubuh?

Pada umumnya ada dua tipe orang, yang pertama pergi ruangan ber-AC dan yang kedua mencari kipas angin atau kipas tangan. Tapi, bagaimana jika kedua alternatif cara mudah tersebut tidak bisa ditemukan atau didapatkan?

Berikut 3 cara ampuh untuk hilangkan gerah saat cuaca panas namun AC maupun kipas tidak ada.

Baca Juga: Ini 3 Akibat Jika Kita Melewatkan Sarapan Sebelum Beraktivitas

1. Mengkonsumsi Buah atau Sayur

Mengkonsumsi Buah Dan Sayuran Untuk Hilangkan Gerah
Mengkonsumsi buah dan sayuran | foodrevolution.org

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk hilangkan gerah ketika cuaca panas adalah dengan banyak mengkonsumsi buah atau sayur. Karena pada dasarnya, kedua makanan tersebut kaya akan cairan yang dapat menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan.

ARTIKEL TERKAIT •
Jangan Terlalu Lama Berada di Ruangan Ber-Ac, Jika Tidak Ingin Mengalami Gejala Berikut

Misalnya buah atau sayur yang mengandung banyak cairan, seperti semangka, jeruk, melon, sirsak, bayam, timun, dan lainnya.

2. Meminum Air Hangat

Meminum Air Hangat
Meminum air hangat | wideopeneats.com

Baca Juga: Mana Yang Lebih Baik, Bersin Ke Lengan Atau Telapak Tangan?

Kebanyakan orang menganggap kalau meminum air hangat ketika cuaca sedang panas hanya akan membuat tubuh semakin gerah. Namun, faktanya sebaliknya lho. Berdasarkan penelitian dari University of Ottawa School of Human Kinetic mengungkapkan tubuh yang kegerahan dapat diatasi dengan minum air hangat yang cukup.

Pasalnya, keringat pada tubuh akan banyak keluar ketika kamu meminum air hangat. Dan dengan keluarnya keringat adalah cara yang alami untuk mendinginkan suhu tubuh. Owh ya, sebaiknya minum air hangat jangan sampai di ruangan yang tertutup ya.

3. Kenakan Pakaian yang Longgar

Kenakan Pakaian Longgar
Kenakan pakaian longgar | stoksy.com

Tips selanjutnya untuk hilangkan gerah pada tubuh saat cuaca sedang panas sedangkan AC atau kipas tidak ada yaitu dengan mengenakan pakaian yang longgar. Misalnya lagi dengan menggunakan baju yang berbahan sutra, katun tipis atau sifon. Hal ini karena, ketiga bahan tersebut memiliki kemampuan yang baik untuk menyerap keringat dan membuat suhu tubuh menjadi dingin.

ARTIKEL TERKAIT •
Alasan Malam Hari Masih Kegerahan, Padahal Matahari Tidak Ada

Baca Juga: Alasan Malam Hari Masih Kegerahan, Padahal Matahari Tidak Ada

Dan satu lagi ketika cuaca sedang panas, jangan sampai ya kamu mengenakan pakaian berwarna hitam. Usahakan gunakan pakaian berwarna putih atau warna cerah lainnya supaya dapat memantulkan cahaya matahari.

Berikan Nilai Untuk Konten ini

Yudi Gintara

Seorang yang berjiwa introvert, dan masih mengharapkan dirinya.