Foodpedia

Perbedaan 8 Jenis Mie Khas Jepang, Ada Ramen Sampai Soba

Mie khas Jepang merupakan salah satu kuliner yang cukup populer di Indonesia bahkan di seluruh dunia. Sebut saja ada ramen, takoyaki, soba, udon, sushi, dan lain-lain.

Jika membahas mie ala Jepang, mungkin kita akan langsung terpikirkan ramen dan soba. Sebenarnya ada jenis mie ala Jepang yang lain. Berikut ulasannya.

8 Jenis Mie Khas Jepang

Ramen

Ramen mie khas Jepang
Mie Ramen | detikFood

Ramen terbuat dari tepung gandum, kansui (cairan pengenyal mie), dan air. Sebelum diuleni, adonannya akan didiamkan terlebih dahulu.

Berbeda dengan udon yang warna mienya putih, biasanya ramen berwarna sedikit kekuningan. Ramen merupakan mie khas Jepang yang bisa dibilang paling populer di seluruh dunia.

Udon

Udon
Mie Udon | Rumah Mesin

Udon biasanya dinikmati dengan kamaboko. Mienya berwarna putih, dan merupakan jenis mie paling tebal di Jepang yang terbuat dari tepung gandum.

Penyajian udon dihidangkan dengan irisan bawang hijau dan kuah kaldu yang hangat lalu menggunakan kamaboko sebagai topingnya. Kamaboko merupakan oalahan daging ikan yang dikukus.

Somen

mie khas jepang
Mie Somen | Oishi Washoku

Mie ini terlihat seperti spaggheti dan sangat tipis. Ada sebuah permainan yang bernama nagasi-sōmen, peserta memakan mie dengan cara dialirkan dengan bilah bambu.

ARTIKEL TERKAIT •
6 Makanan Laut Paling Mahal Di Dunia

Saat musim panas , somen disajikan dingin. Dan ketika musim dingin, somen biasanya disajikan hangat layaknya sup.

Hiyamugi

Mie khas jepang
Hiyamugi | Craftlog

Mie ini mirip dengan udon dan somen, lebih tipis dibandingkan udon dan lebih tebal dari somen.

Penyajiannya secara umum sama dengan mie Jepang yang lain. Namun terkadang, hiyamugi diberi pewarna seperti hijau atau merah muda.

Yakisoba

Yakisoba Morimoto Hc 120816
Mie Yakisoba | Epicurious

Mie Jepang satu ini terlihat seperti bakmi di Indonesia, biasanya mie ini disajikan dengan sayuran dan daging yang dibumbui oleh saus, garam, dan lada.

Mie ini dibuat dengan tepung gandum yang ditumis.

Harusame

Harusame
Harusame | bobo

Selain diolah dengan bumbu masakan Jepang, mie yang terlihat seperti bihun ini sering pula digunakan untuk membuat masakan Korea dan Tiongkok.

Harusame sering dihidangkan dalam panci panas dan sebagai campuran salad.

Shirataki

Manfaat Mie Shirataki
Mie Shirataki | Hellosehat

Mie ini sering juga disebut dengan mie konnyaku. Mie ini dikenal merupakan mie yang rendah kalori karena terbuat dari ubi konjak.

Sekilas mie ini memang mirip sekali dengan bihun.

Related Posts