3 Hal Penyebab Bisulan di Tubuh

in
Obat Bisul
Credit Picture: Hello Sehat

Bisul biasanya muncul di tangan, kepala, kaki, tak jarang juga di permukaan bokong. Benjolan bisul semakin lama bisa semakin besar, jika disentuh biasanya terasa hangat.

Titik berwarna putih pada ujung benjolan bisul adalah nanah yang terkandung dalam bisul. Selain menimbulkan rasa tidak nyaman, bisul juga menyebabkan rasa nyeri.

Berikut 3 hal penyebab munculnya bisul di tubuh!

1. Bakteri Staphylococcus Aureus

Bakteri ini jika dilihat dari mikroskop akan tampak seperti sekelompok anggur. Bakteri Staphylococcus Aureus adalah salah satu dari 30 jenis bakteri Staphylococcus. Bakteri ini adalah tipe yang paling banyak menyebabkan penyakit.

Kita bisa terinfeksi bakteri ini dari tempat-tempat yang kurang terjaga kebersihannya, seperti fasilitas umum atau benda-benda yang sebelumnya terkena bakteri ini.

Kulit kita bisa menjadi infeksi dan salah satunya menjadi bisul, jika kita terkena bakteri ini. Mereka bisa masuk melalui bagian dalam folikel rambut kulit kita.

2. Menggaruk kulit yang gatal hingga terluka

Tak jarang kita menggaruk kulit kita yang sedang gatal hingga menyebabkan kulit kita terluka. Jika kulit kita mengalami luka, sebaiknya segera dibersihkan dengan antiseptik.

ARTIKEL TERKAIT •
Berbagai Nyeri di Tubuh Ini Bisa Menandakan Penyakit Berbahaya

Terlebih jika tangan atau kuku kita tidak bersih saat menggaruk kulit tersebut, hal ini bisa menyebabkan bakteri atau kuman masuk dan menginfeksi kulit tersebut. Terlebih sudah menjadi luka, alhasil bakteri akan lebih mudah membuat gatal tersebut menjadi bisul.

3. Sistem imun tubuh

Bakteri Staphylococcus Aureus dapat berkembang biak dengan cepat jika imun atau ketahanan tubuh menurun. Hal ini dapat menyebabkan bisul tumbuh di tubuh. Selain menjaga kebersihan kulit, menjaga daya tahan tubuh agar tetap fit juga sama pentingnya.

Selain menghindari penyakit infeksi kulit, menjaga daya tahan tubuh juga dapat menghidnarkan dari berbagai penyakit lainnya.

Berikan Nilai Untuk Konten ini