Sayangi Ginjalmu, Jauhi Makanan Dan Minuman Ini

in
Sayangi Ginjalmu, Jauhi Makanan Dan Minuman Ini
Sayangi Ginjalmu, Jauhi Makanan Dan Minuman Ini | Source: belitung.tribunnews.com

Merawat ginjal sangat penting bagi kesehatan, apalagi ginjal merupakan salah satu organ penting dalam tubuh. Selain menjadi pembuangan limbah melalui urin, ginjal juga berfungsi menyarin racun dalam darah kalian.

Karena itulah, kita harus benar-benar menjaga ginjal kita sebagaimana mestinya. Kita harus tau apa makanan yang baik dan makanan yang buruk bagi ginjal kita.

Berikut ini, adalah makanan dan minuman yang buruk bagi kesehatan ginjal

1. Alpukat

Alpukat
Alpukat | hellosehat

Alpukat memang dikenal karena gizinya. Namun terlalu banyak memakan alpukat juga tidak baik bagi kesehatan ginjal, apalagi jika ginjal kamu sedang mengalami masalah.

Hal ini dikarenakan kalium yang terkandung dalam alpukat sangat tinggi, yang membuat tubuh kita mengalami kram otot hingga detak jantung yang tidak teratur.

2. Daging

Daging
Daging | gatra

Mengosumsi daging terlalu banyak dapat mengakibatkan masalah pada ginjal. Hal ini dikarenakan protein dalam daging tersebut sulit untuk dimetabolisme dan membuat eliminasi produk limbah menjadi beban bagi ginjal.

Makanan yang mengandung unsur hewani juga dapat membawa dampak berkembangnya batu ginjal, karena daging purin yang tinggi yang dapat membangkitkan produksi asam urat, yang merupakan salah satu penyebab umum batu ginjal.

ARTIKEL TERKAIT •
Apakah Steak Daging Sapi yang Belum Matang Aman untuk Dikonsumsi?

Kacang-kacangan dan sayur-sayuran akan lebih baik dikosumsi, sebagai pengganti makanan yang bisa memberikan kamu protein.

3. Garam

Garam
Garam | hellosehat

Selain menjadi salah satu bahan dapur yang sangat penting, garam juga memiliki banyak khasiat bagi manusia. Contohnya sebagai obat penghilang jerawat, mengobati luka bahkan pencuci mulut.

Namun jangan makan garam terlalu banyak, karena ginjal kamu bakal bekerja lebih berat untuk menghilangkan kelebihan natrium, yang akhirnya membuat kamu mulai menahan air sehingga munculah tekanan darah tinggi.

4. Pisang

Pisang
Pisang | nakita.grid

Kalo kamu merasa punya penyakit ginjal, hal yang harus kamu lakukan adalah diet sehat dan harus mengosumsi nutrisi yang baik untuk tubuh.

Nah, kamu harus harus mengurangi mengosumsi beberapa makanan seperti pisang. Yups, pisang punya tingkat kalsium tinggi yang bisa berbahaya bagi kesehatan ginjal kamu yang sedang bermasalah.

5. Produk Susu

Produk susu memang kaya akan nutrisi dan vitamin. Namun terlalu banyak mengosumsi susu, keju dan yogurt bisa merugikan ginjal kamu.

Hal ini karena tingginya jumlah fosfor yang ada pada makanan dan minuman ini yang bisa membuat ginjalmu mengalami tekanan.

ARTIKEL TERKAIT •
3 Hal Penyebab Bisulan di Tubuh

Nah, jika ginjal kamu sudah tidak sepenuhnya berfungsi, ginjal kamu tidak bisa menghilangkan fosfor tambahan dari darah kamu, dan pastinya bisa membuat tulang kamu tipis dan lemah sehingga terjadinya resiko patah tulang.

Berikan Nilai Untuk Konten ini