3 Peristiwa Antariksa di Tahun 2019

in
Credit Picture: Liputan 6

Kita baru saja menyaksikan gerhana matahari cincin beberapa waktu yang lalu. Peristiwa alam ini terasa istimewa karena merupakan gerhana terakhir yang terjadi di tahun 2019.

Selain itu, mari kita ingat-ingat lagi ada peristiwa antariksa penting apa saja di tahun 2019? Yuk simak ulasannya!

1. Pertama kalinya lubang hitam berhasil dipotret

1200px Black Hole Messier 87
Black hole | source image

Lubang hitam memiliki kekuatan menarik yang sangat besar, lubang hitam dikatakan bisa menghisap benda apapun yang berada di sekitarnya. Selama ini para astronom hanya menggunakan gambar visual mengenai bentuk lubang hitam tersebut.

Black hole atau lubang hitam menjadi salah satu objek paling menarik untuk diteliti karena banyak misteri yang belum terungkap mengenai lubang hitam.

Pada 10 April 2019 lalu, dengan menggunakan simulasi komputer dan Event Horizon Telescope, para untuk pertama kalinya berhasil memotret lubang hitam dan membuktikan bahwa objek angkasa tersebut memang ada.

Lokasi lubang hitam yang berhasil dipotret berada di pusat galaksi M87, galaksi ini memiliki ukuran yang sangat besar. Dari foto tersebut, lubang hitam memiliki lingkaran berwarna oranye di sekelilingnya. Selain itu, ukuran lubang hitam tersebut juga begitu besar, bahkan massanya 6,5 kali dari Matahari.

ARTIKEL TERKAIT •
7 Fakta Menarik Planet Mars yang Mungkin Belum Kamu Ketahui

2. Robot Opportunity berhenti bertugas

NASA Mars Rover
Robot Opportunity | Source image

Kita sering melihat foto berbagai keadaan di planet Mars. Bahkan planet merah tersebut tidak berpenghuni dan tidak pernah dikunjungi oleh astronot.

Robot opportunity lah yang menjadi pelaku dan berjasa atas foto-foto berbagai kejadian di planet merah tersebut. Robot ini adalah robot penjelajah yang dikirim ke Mars untuk mengirimkan segala informasi yang terjadi di sana kepada astronom di Bumi.

Robot tersebut memulai debutnya pada 7 Juli 2003, dan akhirnya pada 13 Februari 2019 kemarin, robot ini resmi pensiun dari tugasnya.

Beberapa informasi yang didapatkan dari robot penjelajah ini mengenai planet Mars ialah bahwa di Mars dulunya memiliki permukaan yang basah dan hangat. Oleh karena itu, beberapa ilmuwan memiliki hipotesis bahwa dulunya Mars memiliki kehidupan seperti Bumi.

3. Membuka sampel dari Misi Apollo 17

NASA Apollo 17 Lunar Roving Vehicle
Astrounot di Bulan | Source image

Pada 16 Juli 1969, tepatnya 50 tahun yang lalu, tiga astrounot dari NASA melakukan perjalanan pertama ke Bulan. Lalu empat hari setelahnya mereka berhasil ke bulan, mereka yaitu Neil Armstrong, Edwin Buzz Aldrin, dan Michael Collins.

ARTIKEL TERKAIT •
Jika Seseorang Tersedot ke Dalam Lubang Hitam

Misi mereka oleh NASA adalah Apollo 11, dan menjadi peristiwa yang besar sepanjang sejarah.

Ternyata, misi yang dilakukan oleh NASA selain Apollo 11 adalah Apollo 17. Misi ini berlangsung 7 – 19 Desember 1972. Apollo 17 adalah misi terakhir dari NASA untuk program Apollo, misi ini mengambil beberapa sampel bebatuan di Bulan.

Sejak dari Bulan, sampel tersebut belum dibuka dan diteliti, lalu pada November 2019 lalu akhirnya para ilmuwan membuka sampel yang dibawa Apollo 17.

Batuan bulan seberat 15 ons yang dibawa Apollo 17 diharapkan ilmuwan bisa mendapatkan lebih banyak informasi tentang Bulan.

Berikan Nilai Untuk Konten ini