Benarkah Kerokan Dengan Bawang Merah Bisa Mengatasi Masuk Angin?

in
Shutterstock 578223076
Credit Picture: Hello Sehat

Dalam literatur kedokteran, tidak ada penyakit atau kondisi yang bernama masuk angin. Itu hanya sebutan masyarakat Indonesia yang merujuk pada sukumpulan gejala penyakit.

Seperti demam, pegal, perut kembung dan mual, sulit buang angin, dan hidung mampet. Sebenarnya dalam medis, kondisi tersebut bisa diobati dengan obat-obatan seperti antihistamin, paracetamol, ibuprofogen, dan dekongestan. Obat-obatan ini bisa didapatkan di apotek-apotek.

Selain itu orang Indonesia juga menggunakan bawang merah sebagai bahan kerokan. Biasanya bawang merah akan diris lalu dicampurkan dengan baby oil. Kemudian digosokan pada tubuh.

Kerokan dengan Bawang Merah 

Bawang merah mengantung senyawa antiplatelet (mencegah penggumpalan darah), antibiotik, dan antikanker. Mengonsumsi bawang merah, akan sangat bermanfaat bagi kesehatan.

Selain itu, bawang merah juga memberikan manfaat jika digunakan sebagai bahan kerokan untuk mengatasi masuk angin. Kerokan dengan bawang merah memberikan efek vasodilatasi, mampu melancarkan peredaran darah dan efek yang menenangkan.

Karena efek itu lah bawang putih ampuh untuk mengatasi masuk angin bagi beberapa orang. Bawang merah juga dinilai lebih aman dibandingkan penggunaan koin sebagai kerokan, karena bisa melukai kulit.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Biji Buah Jambu Menjadi Penyebab Radang Usus Buntu?

Bawang merah direkomendasikan sebagai bahan kerokan untuk bayi, anak-anak, remaja bahka dewasa yang kondisi kulitnya relatif tipis dan mudah iritasi.

Cara Lain Mengatasi Masuk Angin

Kerokan dengan bawang merah memang dikenal cukup ampuh untuk mengatasi masuk angin. Namun tidak semua orang akan langsung pulih dengan menggunakan metode tersebut.

Berikut tips agar cepat pulih dari masuk angin!

1. Tingkatkan asupan makanan bergizi

Gejala masuk angin terkadang membuat kita malas makan, justru ini yang akan membuat gejala tersebut tak cepat hilang. Meningkatkan asupan makanan bergizi dapat memperkuat imun tubuh. Setelah kerokan dengan bawang, makanlah makanan yang mengandung nutrisi.

2. Minum air putih yang banyak

Air dapat membantu organ tubuh bekerja secara normal, selain itu air juga mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Kekurangan cairan bisa membuat tubuh dehidrasi, jika dehidrasi, tubuh akan mudah sakit, terlebih sudah didahului dengan gejala masuk angin.

3. Istirahat yang cukup

Terakhir, setelah kerokan dengan menggunakan bawang merah dan makan dan minuman yang bergizi. Istirahatkanlah tubuh. Tidur dengan kualitas yang baik ialah dengan menjauhkan ponsel dari jangkauan.

ARTIKEL TERKAIT •
9 Hal yang Bisa Membuat Bayi Tersenyum

Berikan Nilai Untuk Konten ini