Mengapa Orang yang Sakit Wajahnya Terlihat Pucat?

in
4122772325
Credit Image: bobo.grid.id

Pasti kalian pernah mengunjungi kerabat atau keluarga kalian yang sedang sakit. Jika diperhatikan, wajah mereka cenderung pucat tidak seperti biasanya ketika sehat.

Kira-kira apa yang menyebabkan wajah seseorang yang sedang sakit terlihat pucat? Berikut ulasannya!

1. Kekurangan cairan

Beberapa persen tubuh kita mengandung air, ketika sakit biasanya seseorang akan mengalami dehidrasi sehingga kebutuhan asupan cairan tubuhnya menjadi lebih banyak dari biasanya.

Tubuh yang dehidrasi akibat kekurangan cairan, bisa membuat wajah pucat.

2. Kurang tidur

Ketika seseorang sakit, jam tidurnya cenderung tidak teratur. Penyebabnya ialah gelisah dan susah tidur. Karena jam tidur tidak teratur, tubuh tidak memiliki cukup waktu untuk mengistirahatkan organnya, hal tersebut membuat tubuh menjadi semakin lemas, tidak bersemangat, dan juga wajah akan terlihat pucat.

Oleh karena itu, meskipun sedang sakit, kita disarankan untuk tetap tidur secara teratur. Obat-obatan yang kita minum pun biasanya mengandung efek samping kantuk.

3. Tubuh kekurangan nutrisi

Saat kita sakit, kita cenderung tidak nafsu makan. Karena kita tidak nafsu makan, tubuh kita jadi kekurangan asupan nutrisi, dan hal ini bisa menyebabkan wajah kita terlihat pucat.

ARTIKEL TERKAIT •
Benarkah Makanan Pedas Bisa Mengatasi Rasa Sakit Kepala? Ini Penjelasannya

Setiap harinya, kita harus mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung nutrisi. Dengan begitu, tubuh kita tidak akan kekurangan asupan nutrisi seperti vitamin, zat besi, kalium, kalsium, serat, dan zat gizi lainnya.

Kurangnya asupan nutrisi pada tubuh juga dapat membuat kita tak bertenaga dan membuat kita akan lebih lama untuk sembuh dari sakit.

4. Kekurangan kadar hemoglobin dalam darah

Saat sedang sakit, kadar hemoglobin pada darah kita menjadi lebih sedikit. Padahal, hemoglobin adalah protein yang terdapat pada sel darah merah yang berfungsi membawa oksigen dan menyalurkannya ke seluruh tubuh.

Oleh karena itu, wajah kita akan terlihat pucat. Untuk mengatasi hal ini, kita hanya perlu makan makanan yang bergizi secara teratur, lalu minum vitamin penunjang bila perlu.

Berikan Nilai Untuk Konten ini