3 Keuntungan Menyehatkan Dari Makan Jamur Enoki

in
Manfaat Menyehatkan Jamur Enoki

Berikut adalah 3 keuntungan menyehatkan dari makan jamur enoki.

Jamur enoki adalah salah satu jamur yang tumbuh di musim dingin. Jamur ini biasanya  tumbuh dekat dengan pohon yang berdaun jarum.

Walau demikian faktanya, banyak petani asal Jepang yang membudidayakannya dari pohon-pohon yang sudah gugur seperti plum, maple, dan birch. Pasti kamu tahu lah jenis pohon-pohon bernama keren ini.

Dan ternyata budidaya yang dilakukan oleh petaninya ini gak salah. Karena fakatnya jamur enoki memiliki keuntungan yang menyehatkan bagi tubuh kita. Dan berikut, adalah 3 keuntungan menyehatkan dari makan jamur enoki tersebut.

1. Mencegah Kanker

Keuntungan menyehatkan pertama dari makan jamur enoki adalah jamur ini apabila dikonsumsi, bisa mencegah kita dari sakit kanker.

Hal ini dikarenakan Enoki mengandung kandungan vitamin serta nutrisi yang mampu mencegah tumbuhnya sel kanker di dalam tubuh kita.

Berdasarkan penelitian Oncology Reports, terbukti bahwa jamur enoki dapat mengurangi pertumbuhan tumor dan sel kanker hati pada hewan dan juga menghambat pertumbuhan sel kanker payudara pada wanita. 

ARTIKEL TERKAIT •
5 Manfaat Menyehatkan Dari Makan Buah Delima

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan protein yang terdapat di dalam enoki ini, terbukti dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Dan yang sukses membuktikan hal tersebut, adalah Frontiers in Pharmacology.

Spesifiknya, hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kandungan protein dari jamur ini, sebanding dengan kandungan protein yang ada di dalam sayuran berdaun hijau seberat 1,7 gram. 

3. Mencegah Penyakit Jantung

Panganan ini mempunyai kandungan serat yang tinggi. Serat yang tinggi ini, berguna untuk membantu proses metabolisme dalam tubuh dan juga, mampu menyerap kadar kolesterol dalam jumlah yang signifikan. 

Dan hal ini telah terbukti melalui uji coba penelitian dengan menggunakan seekor hamster. Dimana, dalam uji coba tersebut, hamster diberikan ekstraknya.

Dari hasil uji coba tersebut, diketahui bahwa hamster tersebut memiliki kadar kolesterol, trigliserida, serta kolesterol LDL dalam jumlah yang lebih rendah. Wah tentunya setelah mengetahui ini, kitapun jadi ingin bukan untuk mengkonsumsinya?

Semoga bermanfaat dan sehat selalu ya guys! Apakah kamu pernah memakan panganan menyehatkan ini?

Berikan Nilai Untuk Konten ini