3 Trik Menghentikan Cegukan Tanpa Minum Air

in
Cegukan Terus Menerus Ternyata Tanda Bahaya Alodokter
Cegukan Terus Menerus Ternyata Tanda Bahaya Alodokter

Berikut adalah 3 trik sederhana untuk menghentikan cegukan tanpa harus minum air sama sekali.

Cegukan menurut para ahli, adalah reaksi yang dilakukan oleh otot-otot sekitar diafragma ketika diafragma nya, mengalami kontraksi yang berulang-ulang dan tak terkendali sama sekali.

Nah biasanya, kalau kita mengalami cegukannya, pasti kita akan langsung minum air putih. Dan memang reaksi tersebut gak salah sama sekali. Malah sangat dianjurkan. Tapi tahukah kamu bahwa sebenarnya ada trik lain untuk mengatasinya?

Nah berikut adalah 3 trik menghentikan cegukan tersebut tanpa harus repot-repot minum air.

1. Duduk dan Peluk Kedua Lutut

Yap seperti yang kamu lihat sendiri di foto penyertanya tersebut. Jadi seperti kalau kita sedang merasa tidak enak perut / sakit perut.

Tapi ingat sebelum melakukannya, pastikan kamu duduk di tempat yang nyaman. Lakukan ini selama 2 menit atau hingga cegukan mereda. Atau bisa juga nih kamu menekan-nekan area diafragma nya.

Spesifiknya tekan-tekanlah area sekitar bawah ujung tulang dada. Kenapa dianjurkan seperti ini? Simpel. Karena area tubuh sangat sensitive terhadap tekanan.

ARTIKEL TERKAIT •
4 Cara Mengatasi Cegukan saat Puasa Tanpa Minum Air

2. Tarik dan Tahan Ujung Lidah

Mungkin cara ini akan terdengar ameh (weirdo). Tapi faktanya memang kerap ampuh. Jadi pegang ujung lidah dengan jari lalu tarik maju sedikit.

Nah ketika sudah dipegang, pegang terus dalam posisi tersebut hingga beberapa detik. Sering terbukti kalau cara unik ini akan langsung menghentikan cegukan yang kita alami.

Loh kok bisa begitu ya? Jadi ketika kita melakukan cara ini, lidah yang kita tarik akan langsung merangsang saraf vagus. Rangsangan itupun alhasil bisa merangsang saraf dan otot di tenggorokan.

Nah reaksi tersebut, nantinya bisa langsung menghentikan cegukan yang sedang dialami.

3. Pijat Leher Belakang

Kamu pasti sering melihat atau mengalami ini. Ketika kita sednag cegukan atau bahkan muntah terus, orang tua kita langsung mengusap atau memijat-mijat leher belakang kita.

Dan faktanya cara ini memang gak salah sama sekali. Karena pijitan ini bisa merangsang saraf frenikus. Nah menurut para ahli, penyebab cegukan adalah karena terjadinya kerusakan atau iritasi pada saraf frenikus atau vagus tersebut.

ARTIKEL TERKAIT •
Cara Menyembuhkan Cegukan Secara Alami

Nah itulah tadi 3 trik ampuh untuk menghentikan cegukan tanpa harus repot-repot minum air. Selamat mencoba guys!

Berikan Nilai Untuk Konten ini